alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Anggaran Renovasi Ruang VIP Bandara Lama Mandai Capai Rp1,5 Miliar

Mustafa Layong
Anggaran Renovasi Ruang VIP Bandara Lama Mandai Capai Rp1,5 Miliar
Tender perencanaan proyek renovasi gedung kedatangan dan keberangkatan VIP Bandara Lama di Mandai, Kabupaten Maros, rampung. Foto: Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Tender perencanaan proyek renovasi gedung kedatangan dan keberangkatan VIP Bandara Lama di Mandai, Kabupaten Maros, rampung.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menyiapkan anggaran kurang lebih Rp1,5 miliar.

Untuk mempercantik gedung kedatangan dan keberangkatan VIP Bandara Mandai, Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang (SDA-CKTR) Sulsel diketahui mulai melakukan lelang perencanaan sejak 19 Februari 2019.



Akan tetapi, dengan proses panjang, Unit Layanan Pengadaan (ULP) akhirnya memenangkan PT Trimako Abdi Konsulindo dengan penawaran terkoreksi Rp145 juta dari nilai pagu Rp150 juta.

Dengan hasil tender itu, Kepala Dinas SDA-CKTR Sulsel, Andi Darmawan Bintang menemui Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah untuk melanjutkan tahap selanjutnya.

Sebab, setelah perencanaan, saat ini pihaknya juga masih menunggu hasil lelang pengerjaan fisik renovasi dengan pagu sekira Rp1,5 miliar.

Usai menerima kunjungan Darmawan, Nurdin Abdullah mengakui jika upaya renovasi itu sudah sangat dibutuhkan. Sebab kondisi fasilitas ruang tunggu di bandara lama tersebut sudah usang.

Padahal kata Nurdin, fasilitas tersebut merupakan salah satu gerbang Sulsel yang kerap menjadi tempat menjamu kepala negara, mau pun tamu penting lainnya.

"Saya pengen karena itu juga pintu gerbang Sulsel. Kita lihat banyak private jet lewat disitu, parkir disitu. Kedua kita mau supaya ada alternatif kalau ada kepala negara datang. Saya mau betul-betul buat yang lebih bagus, fasilitas ini penting," terang Nurdin Abdullah ditemui di rumah jabatannya, Kamis (20/06/2019).

Sedangkan Darmawan Bintang menerangkan, pihaknya sengaja membawa serta pemenang lelang perencanaan untuk berkonsultasi dengan gubernur. Sehingga dari hasil pertemuan itu, nantinya renovasi ruang VIP yang mulai dioperasikan sejak 1993 tersebut dapat dilakukan secara optimal.

Katanya, perombakan akan dilakukan dengan menambah fasilitas dan daya tarik ornamen khas budaya masyarakat Sulsel.

"Sejak 1993 pertama diresmikan, selama ini hanya dilakukan perawatan, baru akan direnovasi. Fasilitas harus ditingkatkan  agar orang-orang yang tinggal disitu tidak merasa bosan karena suasan baik. Ada juga tambahan tema Sulsel," terang Darmawan.
 
Lebih lanjut, setelah perencanaan rampung, saat ini juga telah dimulai tender pengerjaan fisik dengan anggaran Rp1,5 miliar dari APBD 2019.

Anggaran sebesar itu diharap dapat mengubah wajah ruang tunggu VIP Bandara Mandai seluas 1.000 meter persegi itu.

"Sekarang akan dibuat sedemikian-rupa agar kondisinya bisa lebih bagus. Luas tanah 4.000 meter persegi, dan luas bangunan 1.000 meter persegi," jelas Darmawan.



(bds)

loading...
Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook