alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pelayaran 'Polman-Malaysia' Akan Terwujud Via Tanjung Silopo

Asrianto Suardi
Pelayaran Polman-Malaysia Akan Terwujud Via Tanjung Silopo
Perayaan kembang api saat pelayaran antar negara dilaunching di Pelabuhan Tanjung Silopo, Polman, Sulbar, Rabu 31 Januari 2018 lalu. Foto: Istimewa

POLEWALI - Pelayaran lintas negara antara 'Indonesia-Malaysia' akan terwujud via Pelabuhan Tanjung Silopo, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulbar.

Hal ini ditandai dengan agenda kunjungan Ketua Yayasan Peduli Insan Nusantara (Yapinus), Firdaus Gigo di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Polewali, pada Senin (17/06/2019) baru-baru ini.

Firdaus Gigo diketahui merupakan pihak pemrakarsa kerjasama antara Kabupaten Polman dengan Malaysia di bidang tenaga kerja.



Pelayaran lintas negara ini terkait dengan pemberangkatan Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) ke Malaysia via Pelabuhan Tanjung Silopo menuju Pelabuhan Lahad Datu.

Menurut Firdaus Gigo, saat ini kerjasama tersebut tidak mengalami kendala, termasuk kapal keberangkatan CTKI pun siaga kapan pun dibutuhkan.

"Tidak ada masalah sekarang untuk pelayaran lintas negara ini, karena semuanya sudah siap, mulai dari perizinan berlayar hingga perusahan di Lahad Datu yang menerima tenaga kerja. Semua sudah siapĀ  tinggal Polman aja yang harus menyiapkan semua sarana chek kesehatannya. Kalau semua sudah siap maka pelayaran lintas negara ini akan beroperasi," ungkap Firdaus.

Sementara itu, Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar mengatakan jika kunjungan Ketua Yapinus beberapa waktu lalu itu membawa angin segar bagi masyarakat.

Kata dia pelayaran lintas negara antara pelabuhan Tanjung Silopo dengan Pemerintah Lahad Datu Malaysia segera akan terwujud. Sebab, nantinya RSUD Polewali akan dibuatkan ruangan khusus bagi CTKI untuk melakukan chekup kesehatan.

"Jadi bagi CTKI yang akan berangkat ke Malaysia tidak perlu jauh lagi untuk melakukan chekup kesehatan, sebab di rumah sakit ini sengaja kita buatkan ruangan khusus dan sarananya pun sudah lengkap apa yang dibutuhkan," tuturnya.

Dengan adanya kerja sama itu, Andi Ibrahim berharap tidak ada lagi warga yang hendak ke Malaysia menggunakan jalur ilegal.

"Di pelabuhan Tanjung Silopo nantinya sudah disiapkan ruangan untuk personil dari imigrasi, consulat yang mengecek keabsahan dokumen mereka," pungkasnya.

Diketahui, pelayaran lintas negara ini akan menggunakan KM Catelya yang sudah dilaunching beberapa waktu lalu. Sebelumnya, pelayaran antar negara Indonesia-Malaysia ini diresmikan oleh Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, pada hari Rabu (31/01/2018) lalu.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook