alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Donald Trump Janji Kembali Jatuhkan Sanksi Besar pada Iran

Agus Nyomba
Donald Trump Janji Kembali Jatuhkan Sanksi Besar pada Iran
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Ia berjanji akan kembali jatuhkan sanksi besar pada Iran. Foto: Istimewa

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, telah berjanji untuk menjatuhkan sanksi baru terhadap Iran dan mengatakan aksi militer masih menjadi pilihan di atas meja karena ketegangan terus bergolak di Teluk menyusul dijatuhkannya pesawat tak berawak AS oleh pasukan Iran.

Ancaman Trump pada hari Sabtu datang ketika Teheran memperingatkan Washington bahwa "satu peluru ke arah Iran" akan menyebabkan kepentingannya di seluruh Timur Tengah terbakar.

Gesekan antara AS dan Iran telah berada di puncaknya sejak Kamis ketika Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) menjatuhkan drone pengawasan AS.



Washington mengklaim insiden itu terjadi di wilayah udara internasional, tetapi Teheran mengatakan pesawat itu ditembak jatuh di wilayahnya. Trump mengatakan AS merencanakan serangan balasan terhadap Iran, tetapi ia membatalkannya karena 150 orang bisa terbunuh.

Berbicara di Washington DC, sebelum menuju ke retret presiden AS di Camp David, di mana ia mengatakan akan berunding di Iran, Trump mengatakan pemerintah AS bermaksud untuk menumpuk tekanan ekonomi terhadap Teheran.

"Kami memberikan sanksi tambahan pada Iran," kata Trump kepada wartawan seperti dikutip di Al Jazeera.
"Dalam beberapa kasus kita bergerak lambat, tetapi dalam kasus lain kita bergerak cepat," lanjutnya.

"Tindakan militer selalu ada di atas meja," katanya, tetapi menambahkan bahwa ia terbuka untuk dengan cepat mencapai kesepakatan dengan Iran yang mengatakan meningkatkan ekonomi negara yang lesu.

"Kami akan menyebutnya mari kita buat Iran hebat lagi," kata Trump.

Dia juga mengatakan pihaknya sangat menghargai keputusan IRGC untuk tidak menembak jatuh pesawat mata-mata AS yang membawa lebih dari 30 orang.

Kemudian pada hari Sabtu, Trump mengatakan sanksi baru AS akan diumumkan pada hari Senin.

"Kami memberikan sanksi tambahan besar pada Iran pada hari Senin," tulis Trump, sambil menambahkan: "Saya menantikan hari ketika Sanksi datang dari Iran, dan mereka menjadi negara yang produktif dan makmur lagi - Semakin cepat semakin baik!," tutupnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook