Partisipasi Pemilih di Pangkep Tertinggi, Makassar Terendah

Senin, 21 Desember 2020 - 13:01 WIB
loading...
Partisipasi Pemilih di Pangkep Tertinggi, Makassar Terendah
Partisipasi pemilih di Kota Makassar menjadi terendah di Pilkada serentak tahun ini. Foto: Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - 12 KPU kabupaten/kota di Sulsel telah menggelar Pilkada Serentak 2020 . Jumlah partisipasi pemilih jadi sorotan.

Kabupaten Pangkep menjadi daerah yang paling tinggi tingkat partisipasinya. Angkanya mencapai 83,29% atau naik 5% dari Pemilu 2019 lalu. Sementara di Makassar partisipasi paling rendah mencapai 59,66 persen.

"Kalau tahun ini kita tembus 83,29%. Dibanding Pileg 2019 hanya 78,4% atau kita mengalami kenaikan 5% lebih," kata Komisioner KPU Pangkep Rohani.



Menurut Rohani, partisipasi pemilih tinggi karena masifnya sosialiasi yang dilakukan oleh KPU Pangkep. Begitu pun dengan empat paslon di Pilkada Pangkep 2020.

"Mungkin karena itu para pemilih berbondong-bondong datang ke TPS, walaupun awalnya kami pesimis. Karena pilkada ini berlangsung di tengah pandemi, tapi Alhamdulillah masyarakat masih percaya juga dengan penyelenggara," ujarnya.

Kabupaten Kepulauan Selayar berada di tempat kedua partisipasi pemilih tertinggi, jumlahnya mencapai 83,26%.

Komisioner KPU Kepulauan Selayar Andi Dewantara membeberkan alasan partisipasi pemilih tak mencapai 100%. Kata dia, banyak faktor yang mempengaruhinya.

"Sosialiasi yang kami lakukan yang harusnya secara masif, mengalami hambatan karena pengurangan program. Ini dampak dari Covid-19, sehingga kalau dari sisi program kerja, memang tidak mendukung," pungkasnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0787 seconds (0.1#10.140)