alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dewan Sarankan Pembangunan Tanggul Cegah Pendangkalan Danau Tempe

M Reza Pahlevi
Dewan Sarankan Pembangunan Tanggul Cegah Pendangkalan Danau Tempe
Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Wajo, Andi Gusti Makkarodda. Foto: M Reza Pahlevi/SINDOnews

SENGKANG - Sekretaris Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kabupaten Wajo, Andi Gusti Makkarodda menyarankan kepada pemerintah kabupaten untuk membangun tanggul atau cekdam di Danau Tempe.

Menurutnya, cekdam ini bertujuan menyaring sedimen agar tidak masuk ke Danau Tempe. Sehingga pendangkalan danau dapat dicegah.

"Cekdam merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengantisipasi kembalinya pendangkalan danau tempe akibat sedimentasi," tuturnya, Minggu (23/06/2019).



Dia sangat menyayangkan proyek revitalisasi Danau Tempe yang rampung pada awal April lalu, dikerjakan tanpa pembangunan tanggul. Meski revitalisasi itu sedikit berdampak terhadap pencegahan banjir di Kota Sengkang.

Untuk itu, Andi Gusti meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo untuk segera berkoordinasi dengan Pemkab Sidrap dan Soppeng untuk mengantisipasi kembalinya pendangkalan Danau Tempe.

"Sangat disayangkan jika proyek yang menghabiskan anggaran triliunan rupiah itu kembali mengalami pendangkalan. Pemkab Wajo harus segera membangun komunikasi dan kerjasama kepada kabupaten tetangga, dalam hal ini Sidrap dan Soppeng untuk membuat cekdam sebagai penyaring sedimen," pungkasnya.

Dewan Sarankan Pembangunan Tanggul Cegah Pendangkalan Danau Tempe
(ADV)



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook