alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Melebur, ke Fraksi Mana Hanura dan Perindo akan Berlabuh ?

Luqman Zainuddin
Melebur, ke Fraksi Mana Hanura dan Perindo akan Berlabuh ?
Wakil dari partai Hanura dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) di DPRD Sulsel harus melebur ke salah satu fraksi untuk periode 2019-2024. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Wakil dari partai Hanura dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) di DPRD Sulsel harus melebur ke salah satu fraksi untuk periode 2019 - 2024.  Hal itu karena kursi dua partai ini tak cukup membentuk satu fraksi atau fraksi partai gabungan.

Masing-masing partai ini, hanya mendudukkan satu wakilnya di DPRD Sulsel. Sementara, perolehan kursi sembilan fraksi lain cukup untuk membentuk satu fraksi. Diketahui, syarat untuk membentuk satu fraksi di DPRD Sulsel, adalah minimal lima kursi.

Adapun wakil Hanura tersebut yakni Wahyudin M Nur. Terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) XI, Luwu Raya. Sementara Wakil Perindo, Anzar Zainal Bate terpilih dari Dapil III meliputi Gowa-Takalar.



Menurut Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Sulsel, Muhammad Jabir, hanya dua partai ini yang kursinya tak cukup untuk membentuk fraksi sendiri. Sementara, untuk membentuk fraksi gabungan pun tak cukup.

"Hanya dua (partai) yang tidak bisa membentuk fraksi. Hanura sama Perindo. Terpaksa dia gabung dengan fraksi lain," sebut Jabir kepada SINDOnews.

Menurut Jabir, sekretariat tak bakal mengatur ke mana kedua partai ini akan bergabung. Sebab, hal itu diserahkan sepenuhnya ke Hanura dan Perindo, mau di fraksi mana mereka berkoalisi. Adapun penentuannya, akan dilakukan setelah pelantikan September mendatang.

"Terserah Hanura dan Perindo mau berkoalisi sama (fraksi) apa. Apakah masuk Golkar, atau fraksi mana terserah mereka. Nanti, setelah pelantikan, ada rapat pembentukan fraksi," sambung Jabir.

Diketahui, berdasarkan hasil Pileg April 2019, akan ada sembulan fraksi yang terbentuk di DPRD Sulsel pada periode 2019 - 2024. Yakni, Golkar (13 kursi), Nasdem (12 kursi), Gerindra (11 kursi), Demokrat (10 kursi), PKS (8 kursi), PDIP (8 kursi), PKB (8 kursi), PAN (7 kursi), dan PPP (6 kursi).

Sebagai informasi, pada periode 2014 - 2019, partai yang tak mampu membentuk satu fraksi di DPRD Sulsel, bergabung ke fraksi umat bersatu. Fraksi itu diisi PKPI (1 kursi), PKB (3 kursi), dan PBB (1 kursi).

Sekretaris DPW Hanura Sulsel, Affandy Agusman Aris saat dikonfirmasi, mengaku belum ada pembicaraan ke partai lain, terkait kemana Hanura bakal bergabung. "Belum ada pembicaraan lintas fraksi," aku Affandy, Minggu (23/6/2019).

Sembilan partai yang mampu membentuk satu fraksi di DPRD Sulsel periode 2019 - 2024 berdasarkan hasil Pemilu 2019
1. Golkar (13 kursi)
2. Nasdem (12 kursi)
3. Gerindra (11 kursi)
4. Demokrat (10 kursi)
5. PKS (8 kursi)
6. PDIP (8 kursi)
7. PKB (8 kursi)
8. PAN (7 kursi)
9. PPP (6 kursi).



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook