alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Terdakwa Kasus Pembunuhan Aldama Diancam 15 Tahun Penjara

Vivi Riski Indriani
Terdakwa Kasus Pembunuhan Aldama Diancam 15 Tahun Penjara
Muhammad Rusdi, terdakwa kasus pembunuhan terhadap taruna tingkat I Kampus Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar, Aldama Putra Pongkala saat menjalani sidang di PN Makassar, Senin, (24/06/2019). Foto: Sindonews/Vivi Riski Indriani

MAKASSAR - Muhammad Rusdi, terdakwa kasus pembunuhan terhadap taruna tingkat I Kampus Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar, Aldama Putra Pongkala menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Makassar, Senin (24/06/2019).

Dalam sidang agenda pembacaan dakwaan, terdakwa Rusdi didakwa Pasal 338 KUHP dengan ancaman pidana penjara selama-lamanya 15 tahun.

"Dakwaannya Pasal 338 pembunuhan dengan ancaman 15 tahun penjara, itu primairnya," singkat Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Makassar, Tabrani.



Sedangkan dalam dakwaan subsidair, terdakwa diancam Pasal 354 ayat (2) KUHP yakni hukuman penjara maksimal 10 tahun, dan Pasal 351 ayat (3) KUHP dengan pidana maksimal 7 tahun penjara.

Tabrani mengatakan, terdakwa melakukan penganiayaan yang berujung tewasnya Aldama usai melihat juniornya itu tiba di ATKP dengan tidak menggunakan helm saat dibonceng ayahnya pada Minggu 3 Februari 2019 lalu.

Sebelum menganiaya Aldama, Rusdi terlebih dahulu memerintahkannya untuk sikap taubat dimana kepalanya ditahan oleh sebuah botol. Ada empat taruna lain yang menyaksikan Aldama dibawa ke barak bravo 6 untuk menemui Rusdi.

Namun saat Rusdi hendak memukul Aldama, para taruna tersebut diperintahkan untuk tidak menyaksikannya. Sekitar pukul 21.45 Wita, Aldama dipukul di atas ulu hatinya yang menyebabkannya langsung tumbang.

"Ketika Aldama jatuh, barulah taruna lain itu melihatnya. Rusdi mengangkat korban, coba memberi minuman namun korban sudah tidak sadarkan diri. Saat tim medis dipanggil, korban tetap tidak sadarkan diri hingga pihak rumah sakit menyatakan korban meninggal dunia," ucapnya.

Dari hasil Visum Et Repertum dari Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, penyebab kematian Aldama ialah kegagalan pernafasan yang diakibatkan oleh terganggunya fungsi organ paru-paru (terjadi edema paru) oleh karena adanya kerusakan pada organ paru yang akut (Acute Lung Injury) disebabkan adanya kekerasan tumpul pada bagian dada.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook