alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Siap-siap, Warga Pangkep Segera Terima Ganti Rugi Lahan Kereta Api

Muhammad Subhan
Siap-siap, Warga Pangkep Segera Terima Ganti Rugi Lahan Kereta Api
Balai Perkeretaapian Jawa Bagian Timur siap melakukan pembayaran ganti rugi lahan terdampak pembangunan rel kereta di Kabupaten Pangkep. Foto : SINDOnews/Muhammad Subhan

PANGKEP - Balai Perkeretaapian Jawa Bagian Timur siap melakukan pembayaran ganti rugi lahan terdampak pembangunan rel kereta di Kabupaten Pangkep.

"Kami siap membayar melalui bak BRI, yang jelas proses musyawarahnya di BPN dan kalau setuju berkasnya akan diserahkan ke LMAN sebelum dibayar," ungkap Pejabat Pembuat Komitmen Balai Perkeretaapian Jawa Bagian Timur, Ahmad Affandi kepada SINDOnews.

Ia menjelaskan, saat ini Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan duduk bersama dengan para pemilik lahan bermusyawarah terkait harga ganti rugi yang ditawarkan.



Jika warga sudah setuju, lanjutnya, maka berkas kepemilikan lahan warga akan diserahkan ke LMAN (Lembaga Manajemen Asrt Negara) untuk pembayaran.

Ia menambahkan, mayoritas lahan yang terdampak di Pangkep adalah lahan pertanian yaitu sawah kebun dan tambak. Meski tergolong produktif, namun harga ganti rugi akan tetap didasarkan pada berkas kepemilikan masing-masing lahan.

"Akan beda lahan yang bersertifikat dengan yang bukan sertifikat. Aturannya seperti itu," tambahnya.

Sementara itu, Ketua TP4D Kejari Pangkep, Mustar menuturkan sengketa yang terjadi pada lahan yang terdampak tidak akan menghalangi proses pembebasan lahan tersebut.

"Proses pembayaran tetap jalan. Kalau ada yang sengketa, uangnya kita konsinyasi. Dititip di pengadilan," pungkasnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook