alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PPDB Jalur Zonasi Tingkat SMA/SMK Dibuka Hingga Jumat

Mustafa Layong
PPDB Jalur Zonasi Tingkat SMA/SMK Dibuka Hingga Jumat
Penerimaan peserta didik baru (PPDB) melalui jalur zonasi tingkat SMA dan SMK akan berlangsung hingga Jumat (28/06/2010). Foto : SINDOnews/Ilustrasi

MAKASSAR - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) melalui jalur zonasi tingkat SMA dan SMK akan berlangsung hingga Jumat (28/06/2010). Sekolah yang akan dipilih peserta ditentukan berdasarkan nomor induk kependudukan (NIK).

Pelaksanaan jalur zonasi PPDB tahun ini diprediksi bakal diserbu banyak pendaftar. Namun setiap calon peserta didik mesti memperhatikan sejumlah persyaratan dan ketentuan. Salah satunya, peserta harus memperhatikan NIK saat akan mendaftar.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel Irman Yasin Limpo menyebutkan, melihat persyaratan itu, lulusan SMP di Kota Makassar, nantinya tidak dapat bersekolah di kabupaten/kota lain. Sebab sistem zonasi mengacu daerah mana NIK peserta terdaftar.



None sapaan Irman mencontohkan, meskipun pendaftar telah berdomisili dan sekolah di Makassar bertahun-tahun, namun NIK masih terdaftar di daerah lain, maka dia tetap terhitung sebagai warga di daerah tersebut. Sehingga hanya dapat mendaftar di sekolah pada daerah bersangkutan.

“Database yang kita gunakan nomor induk kependudukan. Bukan KK yang jadi patokan. Ada pengalaman sudah tinggal lama di Makassar, tapi NIK nya masih di daerah lain, sehingga tidak bisa masuk di sekolah Makassar karena disdik masih menggunakan data NIK,” kata None.

Penentuan zonasi itu tak dapat diubah, lantaran telah diatur melalui sistem ppdbsulsel.epanrita.net. Setelah pendaftar login mereka langsung diarahkan memasukkan nomor ujian nasional dan NIK. Selanjutnya dalam website akan langsung menampilkan alamat, dan data peserta lainnya berdasarkan NIK. Di sana juga akan langsung diperlihatkan daftar sekolah mana saja yang dapat dipilih.

“Otomatis keluar sekolah yang dapat dia daftari. Setiap daerah berbeda. Ada yang dua sekolah saja muncul dalam zona hingga lima dan sepebihnya. Namun hang dapat dipilih maksimal 3 sekolah," terang None.

Lebih lanjut, dalam aplikasi juga sudah dilengkapi pemberitahuan jarak perkiraan sementara alamat pendaftar dan sekolah yang dapat dipilih. Namun informasi itu hanya akan muncul di sekolah atau daerah yang memiliki akses internet yang memadahi, seperti Makasar dan sekitarnya.

Khusus untuk afirmasi keluarga miskin pada jalur zonasi, selain menyertakan NIK, pendaftar juga harus menggunakan kartu keluarga harapan yang terdata dalam databese Dinas Sosial Sulsel.

Sekretaris Disdik Sulsel Setiawan Aswad mengatakan, untuk mengantisipasi sejumlah gangguan dan keluhan peserta saat melakukan pendaftararan, pihaknya telah menyiapkan tim relawan (volunter). Mereka akan bertugas membantu sekolah melakukan verifikasi.

Selain itu juga dibuka sejumlah booth di beberapa titik untuk membantu masyarakat atau calon peserta didik melakukan pendaftaran secara online. Lokasinya yakni Gong SMK Jalan Ujung Pandang samping Benteng Roterdam, lalu sejumlah mal, dan lokasi strategis lainnya. “Tim ini akan ditempatkan diberbagai titik lokasi atau tempat strategis yang ramai dikunjungi orang,” katanya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook