alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PPDB di Gowa Dibuka, Disdukcapil Tambah Jam Layanan

Herni Amir
PPDB di Gowa Dibuka, Disdukcapil Tambah Jam Layanan
Disdukcapil Gowa menambah jam layanan setelah PPDB akan dibuka pada pekan depan. Foto: Istimewa

SUNGGUMINASA - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Gowa untuk tingkat SD dan tingkat SMP mulai dibuka 1 Juli 2019 pekan depan.

Kadis Pendidikan Gowa Salam mengatakan, PPDB untuk dua jenjang pendidikan dasar ini tetap menggunakan sistem zonasi dengan besaran kuota mencapai 85%.

"Sisanya itu, non zonasi 15% meliputi prestasi 10% dan perpindahan 5%," ungkapnya, Selasa (25/6/2019).



Dia menjelaskan, jika pelaksanaan sistem online di Gowa belum merata. Pada umumnya sekolah di daerah berjuluk butta bersejarah itu belum siap sistem daring.

Sehingga pihaknya masih menggunakan sistem luring (offline). "Dan regulasinya itu berdasarkan Permendikbud nomor 20 tahun 2019," kata Salam.

Khusus untuk daya tampung lanjutnya, di SD dialokasikan 28 orang per kelas dengan maksimal 6 kelas. Sedang untuk SMP maksimal 32 orang per kelas dengan maksimal 11 kelas.

Sehingga dia meyakini jikadaya tampung para calon siswa tidak menjadi masalah. Jumlah SD di Gowa sebanyak 412 sekolah sedang SMP sebanyak 109 sekolah.

"Hanya saja perlu diketahui tidak semua SD dan SMP tersedia kuota sesuai jumlah kelasnya karena pasti disesuaikan kondisi sekolah itu sendiri," jelas Salam.

Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gowa Ambo mengatakan, sejak dibukanya pendaftaran sekolah jalur zonasi, pihaknya menambah jam pelayanan.

Dimana musim pendaftaran siswa baru juga berdampak pada kantor yang dipimpinnya itu. Dimana salah persyaratan yang harus disiapkan siswa dalam sistem zonasi PPDB adalah data kependudukan.

Untuk itu, pelayanan dibuka hingga malam hari yang dikhususkan bagi para orangtua calon siswa (casis) yang mengurus berkas seperti akte kelahiran, kartu keluarga untuk keperluan pendaftaran masuk sekolah anak-anaknya.

"Karena membludak orangtua calon siswa yang datang kami tambah jam operasional. Kalau ditunda hari ini, besok bertambah lagi," jelasnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads