alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PKS, PAN, dan PDIP Tetap Kawal Pansus Hak Angket DPRD Sulsel

Luqman Zainuddin
PKS, PAN, dan PDIP Tetap Kawal Pansus Hak Angket DPRD Sulsel
Suasana rapat paripurna hak angket DPRD Sulsel, saat pengambilan keputusan, beberapa waktu yang lalu. Foto: SINDOnews/Luqman Zainuddin

MAKASSAR - Pansus hak angket baru DPRD Sulsel terhadap pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubernur Nurdin Abdullah - Andi Sudirman Sulaiman akan dibentuk beranggotakan 20 orang dari perwakilan tiap fraksi.

Pengusul hak angket dari fraksi partai Golkar, Kadir Halid menyebut jika saat ini Pansus belum sepenuhnya terbentuk. Mengingat, beberapa fraksi belum menyetorkan nama wakilnya. Kata Kadir, semua fraksi bisa memasukkan wakilnya dalam anggota Pansus.

Termasuk bagi fraksi yang menolak hak angket. Seperti PKS, PDIP, dan PAN.



"Kami masih menunggu usulan nama dari fraksi untuk anggota Pansus. Kalau Golkar, kita usul nama, saya sendiri, pak Fahruddin Rangga. Fraksi yang tidak setuju tetap bisa mengusulkan nama. Rugi kalau tidak," aku Kadir Halid saat ditemui sebelum rapat tata cara beracara hak angket, Selasa (25/6/2019) sore.

Ketua fraksi PKS DPRD Sulsel, Ariady Arsal menyebutkan jika partainya tetap akan mengusulkan nama untuk masuk dalam keanggotaan Pansus angket. Hal itu berdasarkan konsultasi dengan pengurus DPW PKS Sulsel.

"Sesuai konsultasi kami dengan Pimpinan Wilayah PKS Sulsel apakah akan terlibat dalam Pansus atau tidak, disepakati FPKS menghormati keputusan Dewan yang telah menjadikan usul Angket sebagai usul DPRD. Selanjutnya Partai menugaskan fraksi untuk berjuang dalam keanggotaan Pansus. Saya sebagai Ketua Fraksi langsung diutus jadi anggota," aku Ariady.

Juru Bicara Fraksi PAN Sulsel, Andi Irwandi Natsir memastikan akan mengawal jalannya pansus hak angket. Mereka juga memastikan tetap akan mengirim wakilnya di Pansus. Langkah itu, untuk mengawal proses di Pansus tersebut.

"Kita hanya berharap, koridor hak angket hanya pada perbaikan. Kalau pemaksulan, itu tidak mungkin. Kita meyakini, upaya yang dilakukan adalah perbaikan. Jika ada pemakzulan pasti PAN akan melakukan perlawanan," ucap Irwandi Natsir.

Anggota fraksi PDIP, Rudy Pieter Goni sejauh ini belum bisa memastikan apakah akan mengirimkan wakilnya ke pansus hak angket. Namun yang pasti, partainya tetap akan mengawal hak angket dewan tersebut.

"Kalau ada pertanyaan PDIP akan ikut atau tidak kami akan konsultasikan terlebh dahulu kepada DPP partai. Karena menurut peraturan partai PDIP nomor 27 tahun 2019 penggunaan hak angket, interpelasi, hak bertanya itu hahya boleh persetujuan DPP. Jadi kami atas perintah DPP," katanya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook