Zona Merah Corona, Relawan Sandiaga Uno Gelar Rapid Test Massal di Makassar

Rabu, 13 Mei 2020 - 21:45 WIB
loading...
Zona Merah Corona, Relawan Sandiaga Uno Gelar Rapid Test Massal di Makassar
Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yang dikomandoi Sandiaga Uno menggelar rapid test massal di Kota Makassar, Sulsel. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 terus bergerak melaksanakan rapid test massal di daerah-daerah yang masuk dalam zona merah di Indonesia. Salah satunya di Kota Makassar yang digelar di Rumah Sakit Darurat Sayang Bunda, Jalan Hertasning. Kegiatan ini dipantau langsung secara virtual oleh Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Uno.

Rapid Test yang digelar di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Makassar ini akan berlangsung selama tiga hari, Rabu-Jumat (13-15/5/2020) mendatang. Selama kegiatan akan dibuka 10 loket pelayanan medis yang terdiri dari 40 relawan dokter dan 20 relawan perawat.



"Proses tes tetap sesuai aturan standar protokol kesehatan, seperti penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap bagi tenaga medis yang bertugas serta mengutamakan physical distancing agar tidak terjadi kerumunan," ujar Tim Relawan Indonesia Bersatu, Andre.

Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 menyediakan 750 alat rapid test dengan kapasitas pelayanan 250 orang per hari. Adapun peserta rapid test diperuntukan untuk tenaga kesehatan, pengemudi ambulans, satpol PP, petugas pemadam kebakaran, cleaning service RS serta masyarakat umum.

"Untuk rapid test massal ini, sasarannya adalah di daerah-daerah yang masuk dalam zona merah di Indonesia salah satunya Makassar. Rapid tes ini gratis," jelas Andre.



Sebelumnya, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 juga melakukan sejumlah aksi nyata di Kota Makassar, Sulsel, dalam membantu pemerintah mempercepat penanganan wabah Covid-19 dengan membagikan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis yang telah berjuang di garda terdepan serta menjadi benteng pertahanan terakhir dalam melawan virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

Selain itu, guna meringankan beban masyarakat dalam menghadapi pandemi ini, relawan yang dipimpin Sandiaga Uno ini juga membagikan ribuan masker dan ratusan paket sembako kepada warga Makassar yang ekonominya terdampak akibat wabah virus corona. Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 berkomitmen untuk terus melakukan aksi nyata demi memutus mata rantai covid-19 di Indonesia.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)