alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

10 Kelurahan di Sombaopu Dikucuri Dana Rp17 Miliar

Herni Amir
10 Kelurahan di Sombaopu Dikucuri Dana Rp17 Miliar
Peletakan batu pertama program pembangunan di Pallantikang, Kelurahan Katangka, Rabu (26/06/2019). Foto : SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa mendapat kucuran Dana Investasi (BDI) untuk tahun anggaran 2019 sebesar Rp17 miliar. Koordinator Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) wilayah IV Sulsel Nurliah Ruma mengatakan, anggaran tersebut diberikan untuk 10 kelurahan.

Saat ini sekitar 70% atau senilai Rp11,9 miliar sudah ada di masing-masing rekening Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM).

"Tujuh kelurahan diantaranya progres pembangunannya sudah cukup luar biasa karena sudah mencapai 50%, bahkan ada yang sudah diatas 50 persen. Sementara tiga kelurahan lainnya pengerjaan infrastrukturnya juga terus berjalan," ujarnya saat peletakan batu pertama program pembangunan di Pallantikang, Kelurahan Katangka, Rabu (26/6/2019).



Dirinya pun menyampaikan terimakasihnya kepada Pemkab Gowa dan seluruh stakeholder terkait, yang telah berkolaborasi dengan luar biasa untuk menghadirkan dana replikasi sehingga beberapa wilayah kumuh di Kecamatan Sombaopu dapat dibenahi dengan baik.

Implementasi program KotaKu memang terus digenjot. Khusus di Jalan Palantikang total anggaran sekitar Rp667 juta.

Koordinator BKM Syekh Yusuf Sejahterah Abd Azis Daeng Tola mengatakan, paket pengerjaan KotaKu di wilayah ini terdiri dari pembuatan sumur bor, bak penampungan air bersih, pengerjaan drainase serta penataan kawasan permukiman.

"Proyek ini akan dikerjakan selama 180 hari kerja atau selama enam bulan. Jika tidak ada halangan pengerjaan dilakukan mulai akhir Juni nanti hingga Desember 2019 mendatang," ungkapnya di sela-sela kegiatan.

Kadis Perkimtan Abdullah Sirajuddin mengungkapkan, program KotaKu merupakan program pemerintah yang dikeluarkan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai program lanjutan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) mandiri perkotaan.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook