alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gempa Bumi 3,3 SR Kembali Guncang Mamasa, Warga Diimbau Tenang

Asrianto Suardi
Gempa Bumi 3,3 SR Kembali Guncang Mamasa, Warga Diimbau Tenang
Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 3,3 SR kembali mengguncang Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Rabu (26/06/2019) sekitar pukul 11:43:17 Wita. Foto : SINDOnews/Ilustrasi

MAMASA - Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 3,3 SR kembali mengguncang Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Rabu (26/06/2019) sekitar pukul 11:43:17 Wita.

Gempa bumi ini tidak membuat kepanikan terhadap warga Mamasa. Suasana dan aktivitas warga dikota Mamasa masih terlihat dan berjalan seperti biasa.

Salah satu warga Mamasa, Risal mengatakan, turut merasakan getaran gempa namun skalanya kecil.
"Terasa tapi tidak terlalu kuat dan kami sudah terbiasa dengan kejadian gempa seperti ini,"katanya.



Hasil analisis Badan Metereologi Klimataologi Geofisika wilayah IV Makassar, menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan 3.3 SR. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.87 LS dan 119.50 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 19 KM arah timur laut Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat pada kedalaman 5 KM.

"Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Saddang yang berdekatan dengan pusat epicenter,"kata salah satu petugas BMKG IV Makassar.

Gempa bumi ini juga dirasakan di Mamasa II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. Pihak BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG,"pesannya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads