alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dinas Pariwisata Disorot, Kawasan Pantai Tanjung Bira Nampak Kumuh

Eky Hendrawan
Dinas Pariwisata Disorot, Kawasan Pantai Tanjung Bira Nampak Kumuh
Pasir putih kawasan Pantai Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba. Foto: Eky Hendrawan/SINDOnews

BULUKUMBA - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Kabupaten Bulukumba, A Purnama Nur Indah menyoroti kondisi di kawasan Pantai Tanjung Bira yang semakin hari semakin nampak kumuh.

Menurutnya pemerintah kabupaten dalam hal ini Dinas Pariwisata (Dispar) melakukan pembiaran. Padahal, kawasan Tanjung Bira menjadi salah satu objek penopang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sejauh ini di kawasan tersebut tak pernah dilakukan pembenahan dan pengembangan wisata.



"Semakin hari sekamin kumuh, bahkan di kawasan pantai masyarakat sudah mulai menjemur pakaian. Tentu menganggu keindahan pantai jadinya," pungkasnya, Selasa (25/06/2019).

Bahkan kata dia, pemerintah tak kunjung menyiapkan tong sampah. Hal ini dianggap sebagai pemicu persoalan kebersihan pantai.

Untuk itu, Nur Indah meminta pihak terkait untuk rutin melakukan kegiatan bersih-bersih di kawasan Pantai Tanjung Bira. Sekaligus mengambil langkah pencegahan agar wisatawan tidak membuang sampah sembaran tempat.

"Kami berharap agar dinas pariwisata memikirkan untuk memanjakan pengunjung. Apalagi mereka sudah mengeluarkan biaya untuk masuk di kawasan ini, tentu fasilitas umum juga mendukung," ujarnya.

"Soal kenyamanan, jika malam hari kawasan Pantai Tanjung Bira cukup gelap. Padahal ada penerangan jalan tapi jika malam hari tidak dinyalakan, kita juga bingung apa masalahnya padahal ada retribusi dari wisatawan," beber dia menambahkan.

Diketahui, untuk menikmati keindahan pasir putih pantai Tanjung Bira, pengunjung diwajibkan membayar retribusi sebesar Rp15 ribu untuk orang dewasa dan Rp5ribu untuk anak-anak.

Itu belum termasuk untuk retribusi kendaraan baik sepeda motor mau pun mobil yang memiliki kualifikasi retribusi berbeda.

"Tidak ada perhatian lebih Dispar Bulukumba tidak berbanding lurus dengan sejumlah event yang dipusatkan di kawasan Pantai Tanjung Bira. Harusnya sejumlah event tersebut menjadi memacu Dispar Bulukumba untuk terus melakukan pembenahan fasilitas umum untuk memanjakan pengunjung," harap Nur Indah menutup.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook