alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

6 Desa di Maros Terapkan Transformasi Perpustakaan Inklusi Sosial

Najmi Limonu
6 Desa di Maros Terapkan Transformasi Perpustakaan Inklusi Sosial
Kunjungan Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpustakaan Nasional, Joko Santoso sekaligus mengevaluasi program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di kantor DPK Kabupaten Maros, Rabu (26/06/2019). Foto: Najmi Limonu/SINDOnews

MAROS - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Maros membuat sistem Transformasi Berbasis Inklusi Sosial dalam rangka menguatkan komitmen literasi.

Hal itu ditandai dengan diadakannya bimbingan teknis, workshop, diskusi hingga advokasi. Termasuk menjalin kerjasama dengan PT Angkasa Pura dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIa Maros melalui Memorandum of Understanding (MoU).

Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpustakaan Nasional, Joko Santoso pun melakukan pantauan dan evaluasi terpadu program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di kantor DPK, Jalan Lanto Dg Pasewang, Rabu (26/06/2019).



Dalam kunjungannya, Joko Santoso juga didampingi tim Bappenas dan Kemenkeu dan Kemendagri.

Dia menilai jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros berhasil merubah kondisi perpustakaan menjadi ramai yang dulunya sepi. Minat pengunjung tak hanya datang dari pelajar namun juga dari lanjut usia (lansia).

Menurutnya, kondisi ini tidak terlepas dari transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

"Kita berharap dengan sistem ini, perpustakaan tak lagi menjadi tempat yang membosankan bagi mereka yang tak suka membaca. Apalagi persaingan media, yang mampu menghadirkan informasi dalam genggaman. Kalau perpustakaan daerah tidak mengikuti perkembangan zaman, maka akan ketinggalan," ucap Joko Santoso.

Kepala DPK Kabupaten Maros, M Alwi mengatakan penerapan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sudah dikembangkan di enam desa. Masing-masing di Desa Pajjukukang, Allere, Labuaja, Bonto Tallasa, Baruga dan Borikamase.

"Kita berharap semua desa dan kelurahan akan memberlakukan transformasi perpustakaan ini sehingga menjadi ruang berbagi pengalaman, ruang belajar dan berlatih keterampilan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan," harapnya.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads