Pemprov Sulsel Siapkan Rapid Test Antigen Gratis di Bandara Sultan Hasanuddin

Selasa, 22 Desember 2020 - 20:23 WIB
loading...
Pemprov Sulsel Siapkan Rapid Test Antigen Gratis di Bandara Sultan Hasanuddin
Sejumlah calon penumpang mengantre untuk rapid test di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Selasa (22/12/2020). Foto: Humas Pemprov Sulsel
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menyediakan pemeriksaan rapid antigen secara gratis di Bandara Sultan Hasanuddin mulai hari ini, Selasa (22/12/2020). Adapun lokasi tempat deteksi virus Covid-19 itu terletak dekat pintu terminal kedatangan atau dekat valet parking VIP.

"Besok Pak Gubernur akan melauching di sana," kata Kadis Kesehatan, Muhammad Ichsan Mustari.



Sementara itu, Humas Bandara Sultan Hasanuddin , Iwan Risdianto mengatakan, program rapid antigen gratis itu merupakan program Pemprov Sulsel .

Diketahui juga sebelumnya, bahwa untuk penumpang pesawat terbang, sejumlah bandara telah menyediakan layanan rapid test antigen . Bandara Sultan Hasanuddin juga memberikan layanan ini dengan biaya terjangkau.

"Yang gratis itu dari Pak Gubernur (Pemprov Sulsel). Kalau dari kami tetap berbayar. Hanya saja lebih murah dari harga di luar. Di tempat kami di bandara itu Rp 175 ribu untuk yang rapid antigen . Kalau yang di luar perkiraan Rp200-250 ribu. Untuk program Pak Gubernur , itu tadi sudah mulai berjalan," sebutnya.



Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19. Di mana hasil rapid test antigen dan tes swab polymerase chain reaction (PCR) menjadi syarat perjalanan.

"Sesuai dengan SE yang sudah keluar, kalau mereka dari dan ke Pulau Jawa harus menggunakan rapid antigen , kalau pulau Bali menggunakan PCR swab. Selain itu, tetap pakai antibodi, masih bisa, masih diperbolehkan," jelasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara, namun belum rapid untuk datang ke bandara 3-4 jam sebelum keberangkatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)