alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Fakta! Uang Jamaah Umrah Travel Abu Tours Dipakai Beli Aset

Vivi Riski Indriani
Fakta! Uang Jamaah Umrah Travel Abu Tours Dipakai Beli Aset
Uang setoran puluhan ribu jamaah telah digunakan untuk membeli sejumlah aset PT Abu Tour. Foto : SINDOnews

MAKASSAR - Uang setoran puluhan ribu jamaah telah digunakan untuk membeli sejumlah aset PT Abu Tour.  Hal itu diungkapkan saksi ahli Jaksa, auditor Jamaluddin, Ardi, Sukitmo & rekan, Kevin Muhammad Riska dihadapan majelis hakim pada sidang kasus penggelapan dan pencucian uang calon jemaah senilai Rp1,4 triliun yang mendudukkan korporasi PT Amanah Bersama Ummat (Abu Tours) sebagai terdakwa.

"Kami tidak menyimpulkan, tapi kami melihat ada hal yang janggal terkait harta Abu Tours karena sejak didirikan dalam jangka waktu lima tahun sudah memiliki kantor-kantor (perusahaan) dengan nilai yang tidak kecil," jelas Kevil.

Kata Dia, jumlah aset yang terdaftar berdasarkan hasil audit seperti kendaraan hingga perusahaan mencapai Rp170 miliar lebih, diluar aset-aset yang belum diketahuinya.



Sementara aset PT Abu Tours senilai Rp2 miliar yang dilaporkan ke Kementerian Agama disebut bias.

"Kalau 1 jamaah Rp20 juta, maka Rp20 juta dikalikan 50 ribu jamaah, tapi pada saat saya lihat laporan keuangan yang dimiliki oleh Kementerian Agama total aset yang dimiliki perusahaan hanya Rp2 miliar, artinya saya tahu bahwa laporan itu adalah bias, tidak mungkin," jelasnya.

Sementara fakta dilapangan jumlah jemaah yang belum diberangkatkan mencapai 86.720 orang. Artinya, uang yang masuk ke rekening perusahaan bisa mencapai Rp1,8 triliun dengan jumlah biaya pemberangkatan setiap jemaah berbeda-beda.

Menanggapi temuan tersebut, penasehat hukum terdakwa, Hendro Suyanto mempertanyakan hasil investigasi yang dilakukan oleh pihak auditor. Menurutnya, aset-aset milik PT Abu Tours dibeli jauh sebelum kasus ini bergulir.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook