Ini 6 Khasiat yang Diperoleh Setelah Konsumsi Teh Jahe

Rabu, 23 Desember 2020 - 09:46 WIB
loading...
Ini 6 Khasiat yang Diperoleh Setelah Konsumsi Teh Jahe
Teh jahe memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Foto: Jcomp/Freepik
A A A
MAKASSAR - Teh jahe menjadi minuman favorit saat musim hujan, karena selain menghangatkan tubuh juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini enam manfaat yang diperoleh setelah meminum teh jahe :

1. Obat mabuk perjalanan
Teh jahe dapat membantu meredakan gejala mabuk perjalanan seperti muntah, pusing, dan keringat dingin. Sebuah penelitian yang telah lama dilakukan mengungkap bahwa jahe membantu mengurangi mabuk perjalanan. Jadi jika Anda merasa pusing atau mual dalam kendaraan yang sedang melaju, cobalah minum teh jahe di lain waktu.

2. Sehatkan jantung dan tekanan darah
Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi teh jahe secara teratur memiliki efek perlindungan pada kesehatan jantung dan juga menurunkan tekanan darah. Konsumsi teh jahe panas membantu mencegah penggumpalan darah, meredakan mulas, menurunkan kolesterol dan meningkatkan sirkulasi darah.



3. Bantu menurunkan berat badan
Sebuah penelitian menemukan bahwa minum teh jahe panas meningkatkan perasaan kenyang dan menghentikan seseorang untuk makan berlebihan. Jahe dapat membantu mengatasi obesitas serta komplikasi terkait obesitas.

4. Redakan mual saat hamil atau akibat kemoterapi
Mual saat hamil adalah hal yang wajar terjadi. Meski begitu, ini tentu tetap saja mengganggu. Sebab, ibu hamil sebaiknya membatasi minum obat. Mengonsumsi teh jahe bisa jadi salah satu alternatif yang aman. Jahe mengandung minyak volatil dan komponen fenol yang disebut gingerol. Tidak hanya pada ibu hamil, teh jahe juga bisa memberikan manfaat yang sama untuk pasien kemoterapi yang merasakan mual.

5. Pereda nyeri alami
Jahe bersifat anti-inflamasi, jadi ini telah menunjukkan hasil positif dalam mengurangi rasa sakit seperti osteoartritis. Teh jahe juga membantu mengurangi sakit kepala, kram menstruasi, sakit tenggorokan, dan nyeri otot.

6. Meredakan stres
Teh jahe memiliki efek menenangkan yang membantu meredakan stres dan ketegangan. Aroma yang kuat dan khasiat penyembuhan jahe diyakini efektif mengurangi stres.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)