alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Silpa Rp91 Miliar, Pemkab Gowa Diminta Lebih Optimal Serap Anggaran

Herni Amir
Silpa Rp91 Miliar, Pemkab Gowa Diminta Lebih Optimal Serap Anggaran
Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni saat menghadiri rapat paripurna di DPRD Gowa. Foto: Istimewa

SUNGGUMINASA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, diminta agar lebih optimal dalam menyerap anggaran yang dijabarkan dalan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) 2018.

Juru Bicara Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Rafiudding Raping mengatakan, dari total anggaran pendapatan daerah 2018 sebesar Rp1,982 triliun hanya terealisasi Rp1,972 triliun atau 99,51%.

Sedangkan anggaran penerimaan pembiayaan daerah Rp196, 810 miliar yang terealisasi Rp196, 281 miliar atau 97,19%. Selain itu, anggaran belanja termasuk belanja transfer dan pengeluaran pembiayaan sepanjang tahun 2018 sebesar Rp1,982 triliun dengan realisasi Rp1,881 triliun atau 94, 89 %.



"Dengan capaian tersebut jumlah sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) Rp91 miliar. Sehingga kami dari fraksi PPP mencermati tidak tercapainya target realisasi penerimaan pembiayaan daerah serta anggaran belanja yang telah ditetapkan tidak terserap dengan maksimal," ungkapnya dalam
rapat paripurna dalam rangka mendengarkan pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap Ranperda tentang laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018 Kabupaten Gowa, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Gowa, Rabu (3/7/2019).

Karena itu lanjut Rafiudding, pihaknya menyarankan agar nantinya Pemkab Gowa dalam membuat perencanaan dan pelaksanaan anggaran yang lebih baik, agar anggaran dapat dimanfaatkan lebih optimal.

"Harus mengambil langkah konkrit dalam meningkatkan perencanaan, sehingga kita mampu mencapai target pembangunan," jelas Rafiudding.

Selain memberikan saran, pihaknya turut memuji laporan APBD Gowa. Menurutnya jika ditinjau dari pelaksaksanaannya telah terjadi keserasian dalam kebijakan anggaran secara totalitas dan mengacu pada anggaran yang berimbang serta realisasi tidk melampaui plafon anggaran yang telah teralokasi.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni mengatakan, masukan yang diberikan masing-masing fraksi akan menjadi bahan evaluasi dari Pemkab Gowa dalam proses perencanaan maupun dalam proses pelaksanaan.

"Ini akan jadi evaluasi bagi kita semua, sehingga ke depan apa yang kita telah rencanakan bersama dapat kita capai sesuai dengan yang kita harapkan," ungkapnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook