Terapkan Prokes Ketat Saat Rayakan Natal Bareng Keluarga Besar

Jum'at, 25 Desember 2020 - 08:01 WIB
loading...
Terapkan Prokes Ketat Saat Rayakan Natal Bareng Keluarga Besar
Terapkan protokol kesehatan secara ketat saat merayakan natal bersama keluarga besar. Foto: Ilustrasi/Freepik
A A A
MAKASSAR - Kasus positif Covid-19 melonjak belakangan ini pasca pilkada serentak digelar di berbagai daerah di Indonesia. Libur natal dan tahun baru berpotensi menambah angka tersebut jika masyarakat tidak memperhatikan protokol kesehatan (prokes) secara disiplin.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit CDC merilis serangkaian rekomendasi agar dapat menjaga pertemuan keluarga tetap aman.

CDC juga merekomendasikan strategi baru bagi yang ingin menerima tamu saat Natal . Terutama dari kalangan keluarga besar yang ingin ke rumah saat libur Natal . Nah, berikut empat cara aman dari Covid-19 jika ingin merayakan Natal bersama keluarga.

1. Perhatikan Situasi Daerah
Pastikan situasi penyebaran Covid-19 di daerah tempat dimana Anda merayakan Natal . Hal ini adalah cara yang baik untuk mengukur seperti apa risikonya jika ingin mengadakan sebuah acara dengan keluarga.

Jika tidak memungkinkan bagi Anda merayakan acara pertemuan keluarga secara tatap muka, gunakan alat obrolan video meeting atau aplikasi lainnya pada musim liburan kali ini.



2. Batasi Durasi Pertemuan dan Jumlah Tamu
Jika salah satu anggota atau siapapun tamu yang akan menghadiri acara ini memiliki riwayat penyakit, alangkah baiknya untuk tidak diikutsertakan. Secara umum, semakin sedikit orang yang memiliki penyakit bawaan atau sedang sakit, semakin rendah pula risiko penularan virus lain atau Covid ini.

3. Menggunakan Masker
Menjaga jarak dan memakai masker adalah dua hal terbaik yang dapat dilakukan orang untuk menurunkan risiko tertular virus corona. Virus corona dapat menyebar melalui droplet dan sentuhan fisik secara langsung.

Dr Robert Glatter, seorang dokter darurat di Lenox Hill Hospital di New York City mengatakan, sederhananya, memakai masker tidak hanya melindungi orang lain di sekitar Anda.

"Tetapi juga membantu melindungi diri Anda sendiri dengan mengurangi risiko tertular virus," katanya.

4. Jaga Jarak dan Mencuci Tangan
Selanjtnya, Anda juga perlu menjaga jarak dan mencuci tangan untuk lebih terjaga dari serangan Covid-19.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2707 seconds (0.1#10.140)