Enak dan Mudah Didapat, Ini 6 Manfaat Buah Jeruk bagi Kesehatan

Jum'at, 25 Desember 2020 - 09:41 WIB
loading...
Enak dan Mudah Didapat, Ini 6 Manfaat Buah Jeruk bagi Kesehatan
Selain enak dan mudah didapat, buah jeruk juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Foto: Ilustrasi/Endues.TV
A A A
MAKASSAR - Jeruk adalah salah satu buah yang paling popular di dunia. Karena selain enak, buah ini juga sangat mudah diperoleh dan harganya pun terjangkau. Tidak hanya itu, jeruk juga bermanfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari Boldsky, berikut ini enam manfaat jeruk bagi kesehatan:

1. Mengatur tekanan darah tinggi
Jeruk adalah sumber yang kaya magnesium, sehingga dengan mengonsumsinya akan membantu mengatur tekanan darah. Flavonoid yang disebut hesperidin, yang secara alami ada dalam jeruk juga menjaga tekanan darah kita tetap terkendali.

2. Mencegah kanker
Buah jeruk ini adalah pembangkit tenaga vitamin C , yang merupakan agen anti-oksidan dan bisa menguatkan kekebalan tubuh. Juga, senyawa yang disebut limonene, banyak ditemukan pada jeruk , telah diketahui memiliki sifat penghambat kanker. Senyawa ini bekerja di mana sistem kekebalan kita gagal. Ini mendeteksi sel kanker dan menghancurkannya, mencegah timbulnya kanker.



3. Melindungi sistem kardiovaskular
Anti-oksidan yang ada dalam jeruk melawan kerusakan akibat radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi kolesterol. Kolesterol teroksidasi cenderung menempel di bagian dalam arteri dan membatasi suplai darah ke jantung, memicu serangan jantung.

Anti-oksidan membantu menetralkan efek radikal bebas dan melindungi jantung dari penyakit. Konsumsi jeruk secara teratur dapat membantu melindungi tubuh Anda dari penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung.

4. Meningkatkan sistem imun
Dikemas dengan vitamin C , jeruk dikenal karena kemampuannya meningkatkan kekebalan. Dengan sistem kekebalan yang kuat dan stabil, tubuh kita mampu melawan infeksi dengan lebih baik dan mencegah penyakit. Selain itu, polifenol yang ada di dalamnya adalah anti-virus, membunuh virus yang masuk ke tubuh kita sebelum menyebabkan infeksi.

5. Meningkatkan kesehatan otot
Jeruk memiliki jumlah vitamin D yang baik, yang memastikan penyerapan kalsium yang tepat dan membantunya mencapai tulang. Jeruk juga mengandung asam askorbat, yang membantu penyerapan kalsium lebih baik.

6. Meningkatkan kesehatan otak
Jeruk juga mengandung fitonutrien dan asam folat yang berperan penting dalam mendorong perkembangan otak Anda. Baik itu kemampuan Anda untuk berkonsentrasi atau mempelajari hal-hal baru, buah ini dapat meningkatkan kemampuan otak Anda untuk melakukan sesuatu.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)