Ilham Azikin Serahkan Bantuan Benih Bawang Varietas Unggul ke Petani

Jum'at, 25 Desember 2020 - 13:52 WIB
loading...
Ilham Azikin Serahkan Bantuan Benih Bawang Varietas Unggul ke Petani
Bupati Bantaeng, Ilham Azikin menyerahkan secara simbolis bantuan benih bawang varietas unggul ke petani, Jumat (25/12/2020). Foto: Eky Hendrawan.
A A A
BANTAENG - Bupati Bantaeng, Ilham Azikin menyerahkan secara simbolis bantuan benih bawang berkualitas kepada sejumlah petani di Desa Bonto Daeng, Kecamatan Ulu Ere, Jumat (25/12/2020).

Bantuan ini berasal dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Bantaeng yang merupakan inisiasi dari Ketua DPRD Bantaeng , Hamsyah.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng, Budi Taufiq mengatakan, benih ini adalah varietas Lokana yang merupakan varietas lokal unggul di Bantaeng . Meski benih lokal, varietas ini memiliki potensi panen yang cukup besar. Setiap hektarenya memiliki potensi panen antara 6 sampai 14 ton per hektare.

"Varietas ini adalah varietas yang unggul dan sudah memiliki izin edar. Potensinya sangat besar, wajar jika sudah beredar di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Kalimantan dan Sulawesi Tengah," jelas Budi Taufiq.

Ketua DPRD Bantaeng , Hamsyah mengatakan, bantuan ini untuk menjawab aspirasi petani di Desa Bonto Daeng yang mengaku membutuhkan bantuan benih bawang. Aspirasi tersebut lalu diteruskan Hamsyah ke Pemerintah Kabupaten Bantaeng .

"Saya hanya jembatan ji, untuk memfasilitasi bantuan dari pemerintah ke petani," jelas dia.



Dia berharap, bantuan benih ini bisa mendongkrak pertumbuhan hasil pertanian di Desa Bonto Daeng. Dia juga meminta kepada semua petani untuk mengembangkan hasil pertanian sesuai denghan arahan penyuluh pertanian.

"Saya ingin tingkatkan produksi pertanian. Nanti, siapa yang hasil panennya terbaik, saya akan berikan bonus khusus dari saya," tantang Hamsyah.

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin mengatakan, bantuan ini adalah bagian dari sinergitas antara eksekutif dan legislatif. Hal ini sebagai bukti bahwa sinergitas antara Ketua DPRD dan Bupati Bantaeng terus berjalan dengan baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)