TOPIK TERPOPULER

BRI Tetap Hadir di Tengah Masyarakat Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Marhawanti Sehe
BRI Tetap Hadir di Tengah Masyarakat Selama Libur Natal dan Tahun Baru
Warga menarik uang di agen BRIlink sekaligus bank sampah BRI di Kecamatan Rappocini, Makassar, Jumat (25/12/2020). Foto: SINDOnews/Muchtamir Zaide

MAKASSAR - Libur Natal dan tahun baru (nataru) selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat setiap tahun. Untuk menjamin kenyamanan nasabah selama masa libur Nataru, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk pun memastikan layanan tetap hadir di tengah masyarakat.

Pemimpin Wilayah BRI Makassar, M Fikri Satriawan menyampaikan, selama cuti bersama Nataru, masyarakat tidak perlu khawatir kesulitan mendapatkan layanan perbankan. Bank BRI dan jaringannya setia hadir melayani kebutuhan masyarakat.



Baca juga: Fitur Terbaru BRImo Hadirkan Promo Pembelian Paket Data Telkomsel

Tidak tanggung-tanggung, Kanwil BRI Makassar menyiapkan Rp1,4 triliun kas ATM untuk wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Maluku sebagai langkah mengantisipasi lonjakan kebutuhan uang tunai masyarakat selama libur Nataru.

"Persiapan kas ATM tersebut telah diperhitungkan berdasarkan kebutuhan nasabah selama cuti bersama, libur Natal dan tahun baru. Selama cuti bersama dan libur tersebut, BRI tetap membuka layanan terbatas di 17 Unit Kerja Operasional pada tanggal 26, 31 Desember 2020 dan 2 Januari 2021," urai Fikri, dalam keterangan persnya, Jumat (25/12/2020).

Unit kerja untuk wilayah Maluku di antaranya Kanca Ambon, Kanca Masohi, Kanca Tual, KCP Pulau Aru dan KCP Pulau Buru. Untuk wilayah Sulawesi Tenggara diantaranya Kanca Kendari Samratulangi, Kanca Kolaka, dan Kanca Bau-Bau. Untuk wilayah Sulawesi Barat diantaranya Kanca Mamuju, Kanca Majene.

Dan untuk wilayah Sulawesi Selatan di antaranya Kanca Makassar Ahmad Yani, Kanca Maros, Kanca Barru, Kanca Pare-Pare, Kanca Palopo, Kanca Rantepao, Kanca Sinjai.



Baca juga: Pertama di Indonesia, OJK dan BI Setujui Kolaborasi BRI dan Alipay

Selanjutnya, Fikri menjelaskan, masyarakat juga dapat menikmati layanan terbatas pada tanggal 26 dan 31 Desember 2020 serta 2 Januari 2021 termasuk layanan terbatas penerimaan pembayaran pembelian BBM dan non-BBM dari SPBU/merchant dan layanan kepada PT POS Indonesia.

Selain unit kerja operasional tersebut, masyarakat tetap dapat melakukan transaksi perbankan layaknya di kantor Bank yang malah hadir lebih dekat di sekitar masyarakat yaitu melalui Agen BRILink yang tersebar sampai ke pelosok Sulsel, Sulbar, Sultra dan Maluku.

Diketahui, saat ini jumlah agen BRILink binaan BRI Kanwil Makassar sejumlah 31.892. Tersebar di wilayah Sulsel 20.296 Agen BRILink, wilayah Sulbar 3.126 agen BRILink, wilayah Sultra 5.549 agen Brilink dan untuk wilayah ATMS (Ambon, Tual, Maluku, Saumlaki) sejumlah 2.921 agen Brilink.

Baca juga: Hindari Penularan COVID-19 di Tempat Wisata dengan Tips Berikut Ini!

Di samping unit kerja operasional dan agen BRILink, masyarakat juga dapat melakukan transaksi perbankan melalui jaringan e-channel BRI seperti ATM, CRM, EDC bahkan juga bisa melalui handphone yang selalu ada dalam genggaman masyarakat yaitu mobile banking BRI, internet banking BRI, BRImo dan lain-lain.

Untuk wilayah Kanwil BRI Makassar saat ini memiliki 1.171 ATM, 130 CRM, dan 2.006 EDC yang tersebar di seluruh wilayah Sulsel, Sulbar, Sultra dan Maluku.

Fikri juga menegaskan, semua layanan perbankan yang diberikan BRI disiplin menerapkan protokol kesehatan, di antaranya pengecekan suhu tubuh bagi nasabah dan petugas BRI, penyediaan wastafel dan hand sanitizer, dan penerapan physical distancing antrian baik di banking hall atau di galeri ATM.

Tidak hanya itu, BRI juga mengadakan sign area wajib pakai masker bagi nasabah dan petugas BRI, penggunaan sarung tangan dan face shield bagi petugas BRI, pemasangan kaca atau akrilik pembatas di counter teller dan customer service, serta penyemprotan desinfektan ruangan dan peralatan secara berkala.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Pemda Diminta Pastikan Pendatang Bebas COVID-19

"Guna hadir 24 jam melayani nasabah tanpa nasabah perlu repot-repot datang ke banking hall serta mendukung program pemerintah cashless society, BRI terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada nasabah untuk penggunaaan jaringan e-channel BRI terutama mobile banking BRI, internet banking BRI dan BRIMo," jelas Fikri.

Selain itu, BRI juga selalu meningkatkan fitur-fitur serta realibility dan availability jaringan e-channel agar dapat melayani nasabah dan masyarakat pada umumnya dengan lebih baik.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!