Wow! Sering Konsumsi 5 Asupan Ini Bisa Bikin Tambah Pintar

Minggu, 27 Desember 2020 - 07:36 WIB
loading...
Wow! Sering Konsumsi 5 Asupan Ini Bisa Bikin Tambah Pintar
Telur adalah salah satu sumber asupan gizi yang bisa meningkatkan kemampuan otak. Foto: Confenssions of parenting.
A A A
MAKASSAR - Sejumlah asupan makanan rupanya bisa meningkatkan kinerja otak, sehingga jika mengonsumsinya dengan rutin bisa bikin tambah pintar, tentunya harus diiringi pula dengan rajin belajar.

Asupan yang mengandung lemak sehat, serat, protein, vitamin, dan antioksidan memberikan nutrisi yang dapat meningkatkan daya ingat serta konsentrasi. Asupan tersebut bahkan memberikan perlindungan dari penyakit otak, termasuk alzheimer dan demensia.

Seperti yang dirangkum dari The Healthy, berikut asupan yang bisa meningkatkan kemampuan otak, berupa menambah daya ingat serta konsentrasi.

1. Brokoli
Menurut studi 2017 di Journal of Cerebrovascular Disease and Stroke, sayuran Cruciferous seperti brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang dapat melindungi otak. Selain itu, brokoli mengandung vitamin K yang penting bagi fungsi otak.

2. Minyak ikan
Otak memerlukan banyak nutrisi lemak omega-3 agar tetap sehat. Ikan seperti salmon, makarel, trout, herring, sarden, serta tuna mengandung omega-3 EPA dan DHA yang penting untuk otak.

Menurut sebuah studi tahun 2017 di Journal of Alzheimer's Disease, DHA sangat penting untuk kesehatan otak pada orang tua yang tidak mengalami gangguan kognitif.



3. Telur
Dalam sebuah studi 2017 di The American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti Finlandia menemukan makan telur dapat meningkatkan kekuatan otak. Ini karena adanya kandungan kolin yang menutrisi metabolisme.

Melansir dari Times of India, telur kaya akan mineral, vitamin, zat besi, yodium, dan vitamin B12 . Telur harus menjadi makanan rutin Anda. Zat besi menciptakan sel darah merah yang membawa oksigen ke otak dan membuat ingatan tajam. Selain itu, yodium diketahui dapat meningkatkan kemampuan memecahan masalah.

4. Cokelat hitam
Penelitian menunjukkan cokelat hitam punya kekuatan untuk meningkatkan otak, termasuk meningkatkan fungsi kognitif, mengurangi risiko demensia, dan meningkatkan kinerja pada aktivitas memori.

5. Teh hijau
Selain dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah kanker, banyak ilmuan percaya minum teh hijau juga bermanfaat bagi otak. Teh hijau memberikan asam amino L-theanine yang menenangkan dan membuat rileks tanpa menyebabkan rasa kantuk. Selain itu, minum teh hijau dapat mengurangi risiko gangguan kognitif, menurut sebuah penelitian besar 2017 di jurnal Oncotarget.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)