Tahun Segera Berganti, Ini 7 Tips Membuat Resolusi Keuangan 2021

Minggu, 27 Desember 2020 - 10:25 WIB
loading...
Tahun Segera Berganti, Ini 7 Tips Membuat Resolusi Keuangan 2021
Tips membuat resolusi keuangan 2021. Foto: Ilutrasi/Shutterstock
A A A
MAKASSAR - Hanya tersisa beberapa hari lagi tahun 2020 berganti, sudah waktunya mengevaluasi pencapaian tahun ini dan mengatur resolusi tahun 2021 mendatang, salah satunya rencana keuangan .

Nah, berikut ini 7 tips menyusun resolusi keuangan agar kondisi keuanganmu lebih baik tahun 2021.

1. Bayar hutang kartu kredit
Tidak semua orang memiliki kartu kredit , tapi jika kamu adalah salah satu orang yang memiliki kartu ajaib ini, melunasi hutang kartu kredit bisa jadi awal yang baik untuk mengantur rencana keuangan pada tahun 2021.

Untuk pertama kalinya dalam delapan tahun, hutang kartu kredit konsumen turun pada tahun 2020. Data ini sedikit mengejutkan mengingat resesi yang disebabkan oleh pandemi. Tetapi, artinya ini ada harapan bahwa konsumen dapat mengendalikan utangnya.

Ada beberapa pendekatan yang dapat dilakukan untuk melunasi kartu kredit , tetapi dua strategi yang paling umum adalah melunasi hutang tertinggi terlebih dahulu atau hutang terkecil terlebih dahulu



2. Susun skema pengeluaran
Rencana pengeluaran memungkinkan seseorang untuk membatasi diri pada apa yang tidak dapat dibelanjakan. Mulailah dengan menentukan pendapatan tetap bulanan, kemudian putuskan kategori pengeluaran apa yang terpenting dan tidak penting sama sekali. Hal ini bisa membantumu mengelola keuangan yang lebih baik.

3. Membuat tabungan autodebet
Salah satu cara termudah untuk menabung adalah menabung secara otomatis. Saat mengotomatiskan tabungan, maka tidak perlu memikirkan berapa banyak uang yang ingin disisihkan setiap bulannya.

4. Konsisten menyisihkan penghasilan untuk dana darurat
Kondisi pandemi ini menyulitkan keuangan sebagian besar orang, tapi tidak bagi orang yang sudah punya dana darurat . Karena mereka sudah punya dana cadangan yang memang sudah dipersiapkan sejak awal untuk kondisi-kondisi sulit seperti ini.

Secara umum, para ahli merekomendasikan dana darurat adalah senilai tiga hingga enam bulan gaji. Sehingga dengan adanya dana darurat tersebut, Anda tetap mampu bertahan selama enam bulan meski tanpa mendapatkan penghasilan seperti saat kondisi normal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)