18 Orang di Pasar Minasa Maupa Gowa Reaktif Virus Corona

Kamis, 14 Mei 2020 - 11:53 WIB
loading...
18 Orang di Pasar Minasa Maupa Gowa Reaktif Virus Corona
Petugas melakukan rapid tes massal. Hari kedua ditemukan 18 reaktif di pasar Minasa Maupa. Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
SUNGGUMINASA - Hari kedua rapid test massal yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menyasar 1.457 orang. 18 di antaranya terdeteksi reaktif virus corona .

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Hasanuddin mengatakan, hasil reaktif masyarakat itu yang beraktivitas di Pasar Minasa Maupa, Sungguminasa.

"Hari kedua ini kita menyasar tujuh pasar yang tersebar di beberapa kecamatan, dan ditemukan 18 yang reaktif yaitu di Pasar Minasa Maupa Sungguminasa, masing-masing 16 pedagang, 1 pengunjung dan 1 juru parkir," katanya, Kamis (14/5/2020).



Terkait 18 masyarakat yang reaktif corona kata dr Hasanuddin, 13 orang telah dilakukan tes swab dan disarankan untuk segera diisolasi di hotel yang telah ditentukan, yakni Hotel Harper Makassar.

"Protokol kesehatankan seperti itu, jika hasil reaktif pada rapid maka akan langsung dilakukan tes swab dan dilakukan isolasi," jelasnya.

Dia menjelaskan, rapid ini memang menyasar para pedagang, pengunjung, maupun juru parkir pasar yang tersebar di Kabupaten Gowa.

Adapun pasar yang disasar hari kedua ini yakni Pasar Limbung dan grosir di Bajeng 196 orang, Pasar Rappokaleleng dan grosir 238 orang, Pasar Moncobalang Barombong 235 orang, Pasar Balang-balang Bontomarannu 240 orang, Pasar Induk Minasa Maupa 282 orang, Pattallassang lanjutan 31 orang, dan Pallangga lanjutan 235 orang.



Sementara untuk hari ketiga ini, pihaknya menyasar Pasar Katangka, Pedagang sore Desa Bone, Pasar Lantebung Bontomarannu, Pasar Induk Khusus sore penjual ikan dan sayur, dan Pasar moncobalang lanjutan.

"Karena pasar ini kan banyak orang. Kita takutkan ada yang terpapar. Jadi itu yang kita sasar dulu penjual di pasar. Dan kalau memang memungkinkan kita juga akan door to door di toko-toko depan pasar," pungkasnya

Adapun total rapid tes yang disediakan 5.326 unit. Itu merupakan jatah dari Gugus Tugas Provinsi Sulsel.

Sementara di hari pertama ditemukan dua reaktif dari 907 pedagang yang menjalani rapid tes.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2650 seconds (0.1#10.140)