alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Komisi A Sikapi Rencana Dinas Pariwisata Lepas Event Makassar F8

Vivi Riski Indriani
Komisi A Sikapi Rencana Dinas Pariwisata Lepas Event Makassar F8
Pembukaan Event Makassar tahun 2018 lalu di pelataran Anjungan Pantai Losari, Makassar. Tahun ini pelaksanaannya tidak memiliki kejelasan. Foto: Dok/SINDOnews

MAKASSAR - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar akan mengambil sikap tegas kepada Dinas Pariwisata (Dispar) jika melepas event International Eight Festival and Forum atau yang dikenal dengan sebutan Makassar F8.

Rencananya, Dispar Makassar akan menyerahkan pelaksanaan event yang telah masuk dalam kalender pariwisata nasional Kementerian Pariwisata ke pihak swasta di tahun 2019 ini. (Baca juga: Pemkot Berencana Serahkan Pengelolaan Makassar F8 ke Swasta)

Wakil Ketua Komisi A DPRD Makassar, Abd Wahab Tahir menilai langkah yang diambil dinas terkait sangat keliru. Sebab menurutnya, kegiatan itu memberikan banyak keuntungan bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.



"Silakan saja (kalau mau dikelola pihak swasta), tapi ingat event itu adalah event nasional. Di situ ada muatan lokal, ada muatan nasional, muatan internasional, ada ekonomi berputar. Nah itu yang saya maksud kalau kadisnya tidak ngeh," pungkas Wahab Tahir, Selasa (09/07/2019).

Tidak hanya itu, dia juga menyoroti perihal ketidakjelasan event tersebut tahun ini. Padahal Pemkot Makassar telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp3,8 miliar melalui APBD pokok 2019 untuk pelaksanaan event Makassar F8.

"Kalau tidak diadakan saya akan ambil sikap politik, liat saja nanti sikap politik saya," tegas legislator asal Partai Golkar itu.

Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar lainnya, Abdi Asmara menyatakan akan segera memanggil dinas pariwisata.

"Itukan wacana nanti kita tanyakan pada saat anggaran perubahan," tuturnya.

Menurut dia, pelaksanaan event Makassar F8 tidak serta merta dialihkan ke swatas. Sebab anggarannya telah ditetapkan pada APBD 2019. Untuk itu, dia akan mengevaluasi hal tersebut.

"Kita akan evaluasi nanti pada saat pembahasan anggaran perubahan. Pelaksanaannya kan di bulan September, nanti kita coba tanyakan ke Dinas Pariwisata," pungkasnya.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook