alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Awal Kemarau, Dinkes Maros Imbau Masyarakat Waspada Penyakit ISPA

Najmi Limonu
Awal Kemarau, Dinkes Maros Imbau Masyarakat Waspada Penyakit ISPA
Dinkes Kabupaten Maros mengimbau kepada masyarakat mewaspadai penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) menjelang musim kemarau. Foto: Ilustrasi/SINDOnews

MAROS - Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Maros mengimbau kepada masyarakat mewaspadai penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) menjelang musim kemarau.

Menurut Kepala Dinkes Maros, Siti Maryam Haba, saat pergantian musim atau di awal musim kemarau biasanya cuaca menjadi dingin yang dapat berdampak terhadap kesehatan.

Cuaca dingin belakangan ini, kata dia, memicu terjadinya penyakit ISPA.



"Gejala awal seseorang terkena ISPA ditandai dengan batuk, demam, dan sesak nafas. Penularan penyakit ISPA juga bisa terjadi karena virus dan bakteri di udara terhirup manusia. Makanya harus waspada," imbaunya, Selasa (09/07/2019).

"Kalau tidak ada hal mendesak sebaiknya kurangi keluar ruangan saat siang hari. Karena biasanya udara panas dan kita bisa terpapar debu dan asap," sambung dia.

Dia pun mengimbau agar masyarakat menggunakan masker saat bekergian.

Anggota Komisi III DPRD Maros, Akbar Endra menyarankan agar dinas kesehatan melakukan sosilisasi di puskesmas melibatkan masyarakat.

"Bila perlu, instansi terkait melakukan sosialisasi langsung ke warga. Khususnya bagi mereka yang lokasi tinggalnya merupakan wilayah kering. Debu-debu di tempat itu pasti sangat mudah beterbangan. Makanya perlu diwaspadai agar manusia tidak terkena ISPA," singkatnya.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook