alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tanggapi Iran, Netanyahu: Jet Tempur Israel Jangkau Timur Tengah

Agus Nyomba
Tanggapi Iran, Netanyahu: Jet Tempur Israel Jangkau Timur Tengah
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Ia menanggapi ancaman Iran soal kehancuran Israel. Foto: Istimewa

TEL AVIV - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, memperingatkan balik Iran jika pesawat tempur mereka mampu menjangkau Timur Tengah termasuk Tehera dan Suriah.

Hal ini muncul setelah setelah anggota parlemen Iran Mojtaba Zolnour memperingatkan pekan lalu bahwa jika Amerika Serikat menyerang Iran, hanya butuh setengah jam untuk menghancurkan Israel.

"Iran baru-baru ini telah mengancam kehancuran Israel. Harus diingat bahwa pesawat-pesawat ini dapat mencapai mana saja di Timur Tengah, termasuk Iran, dan tentu saja Suriah," kata Netanyahu dalam sambutan publiknya di pangkalan Angkatan Udara Israel pada hari Selasa seperti dikutip di Sputnik.



"Pesawat-pesawat kami dapat menjangkau wilayah mana pun di Timur Tengah, termasuk Iran dan Suriah," lanjutnya.

Pernyataan itu muncul setelah Mojtaba Zolnour, ketua Komisi Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri parlemen Iran, memperingatkan dalam wawancara pekan lalu dengan jaringan TV berita berbahasa Arab yang berbasis di Teheran Al-Alam bahwa jika AS menyerang Iran, "hanya setengah jam akan tetap hidup Israel ".

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz mengatakan, pada Konferensi Herzliya bahwa negara Yahudi bersiap-siap untuk kemungkinan keterlibatan militer dalam hal terjadi peningkatan dalam kebuntuan politik antara Iran dan AS.

"Perhitungan yang keliru oleh rezim [Iran] yang dia klaim dapat menyebabkan "kebakaran militer" di kawasan Timur Tengah," katanya.

"Kita harus siap untuk ini, dan dengan demikian Negara Israel terus mengabdikan dirinya untuk membangun kekuatan militernya untuk acara yang harusnya menanggapi skenario eskalasi," kata Katz.

Ini terjadi di tengah hubungan dingin antara Israel dan Iran, dengan negara Yahudi itu berulang kali menuduh Iran atau membangun kehadiran militer permanen di Suriah.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah melakukan serangan udara terhadap apa yang mereka klaim sebagai target militer Iran di Suriah, sementara Teheran berpendapat bahwa mereka hanya mengirim penasihat militer ke Damaskus untuk membantunya memerangi terorisme.

Iran, yang menyangkal hak Israel untuk hidup, juga telah meningkatkan retorika tegas terhadap Israel, berjanji untuk menghapusnya dari peta politik.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook