alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Lima Kepala Desa Bersaksi di Persidangan Kasus Lampu Jalan Polman

Asrianto Suardi
Lima Kepala Desa Bersaksi di Persidangan Kasus Lampu Jalan Polman
Lima kepala desa duduk bersaksi di persidangan kasus dugaan korupsi lampu jalan tenaga surya Kabupaten Polman di PN Mamuju, Sulbar, Rabu (10/07/2019). Foto: Asrianto Suardi/SINDOnews

MAMUJU - Sidang lanjutan kasus dugaan korupsi pengadaan lampu jalan tenaga surya di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Mamuju, Sulbar, Rabu (10/07/2019).

Lima kepala desa duduk bersaksi di persidangan yang mendudukkan dua terdakwa, yakni Haerudin selaku Direktur CV Binanga dan Kabid Pemerintahan Desa, Andi Baharuddin Patajangi.

Sidang yang dipimpin Majelis Hakim Andi Adha berlangsung terbuka dihadiri sejumlah keluarga terdakwa.



Di hadapan majelis hakim, Kepala Desa Sugihwaras, Warsito nampak gugup saat memberikan keterangan. Sehingga beberapa jawaban atas pertanyaan majelis hakim kerap disampaikan berbeda.

"Yang benar saja saudara. Ingat, saudara ini disumpah dalam memberikan keterangan di persidangan, jangan sampai memberikan keterangan palsu. Ingat, bisa-bisa saudara dipenjara jika saudara memberikan keterangan palsu," tegas salah seorang hakim anggota, Irawan Ismail.

Selain, Warsito, empat kepala desa juga satu per satu memberikan keterangannya. Masing-masing kepala desa Pendulangan, Muh Saleh, kepala desa Tonyaman, Nursan, kepala desa Tubbi, Baco, dan kepala desa Lembang-lembang, Muh Afdal.

Masih keterangan Warsito, jika pengadaan lampu jalan dilakukan dua tahap. Di tahun 2017 dianggarkan sebanyak empat unit dan empat unit di tahun 2016. Masing-masing unit dianggarkan kurang lebih Rp500 ribu.

"Apakah harga tersebut ditetapkan langsung oleh desa sendiri atau pihak perusahaan CV Binanga?," tanya Irawan Ismail.

"Kami bayar melalui bendahara kantor PMD dan dibayar tunai oleh bendahara desa kami. Serta kedua kalinya, juga pernah kami transfer ke rekening perusahaan," jawab Warsito.

Berbeda dengan apa yang disampaikan empat kepala desa lainnya. Mereka mengaku jumlah pengadaan lampu jalan bervariasi yang dimasukkan ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja desa (APBDes).

Ada pun agenda sidang lanjutan dijadwalkan berlangsung pada 17 Juli mendatang. Dengan agenda sidang masih mendengarkan keterangan saksi-saksi.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook