alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jumat, DKPP Periksa Ketua KPU dan Bawaslu Pasangkayu

Asrianto Suardi
Jumat, DKPP Periksa Ketua KPU dan Bawaslu Pasangkayu
DKPP akan memeriksa Ketua KPU dan Bawaslu Kabupaten Pasangkayu, pada Jumat (12/07/2019). Foto: Ilustrasi/SINDOnews

MAMUJU - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menggelar sidang pemeriksaan terhadap Ketua KPU dan Bawaslu Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu pada Jumat (12/07/2019).

Selain keduanya, pemeriksaan yang rencananya akan bertempat di Kantor Bawaslu Sulbar, juga mendudukkan beberapa anggota KPU Pasangkayu lainnya.

Keterangan resmi DKPP yang diterima SINDOnews, pemeriksaan tersebut berdasarkan sidang perkara nomor 124-PKE-DKPP/VI/2019. Ada pun pemohon atas nama Andi Tahmid.



Dalam pokok pengaduan, pemohon mendalilkan bahwa ketua dan anggota KPU Pasangkayu dinilai melakukan pembiaran terhadap pelanggaran Pemilu 2019. Padahal pengawas TPS, PPL dan panwascam telah memberikan rekomendasi Pemilihan Suara Ulang (PSU).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Administrasi DKPP, Bernad Dermawan Sutrisno dalam rilis tertulisnya, Kamis (11/07/2019).

Pelanggaran pemilu itu dirincikan, yakni terdapat 32 lembar surat suara tercoblos yang diberi tanda khusus dan atau menuliskan nama, oleh petugas/ketua KPPS setempat.

Kemudian, adanya dua pemilih yang telah ikut memilih yang belum berusia 17 Tahun dan atau sudah menikah, dan atau pernah menikah.

Selanjutnya, terdapat surat suara yang tertukar lintas daerah pemilihan (dapil).  

Sementara terhadap Ketua Bawaslu Pasangkayu, pemohon menilai bahwa ketua bawaslu tidak melakukan tupoksinya dengan baik. Selain dianggap melakukan pembiaran, juga dinilai tidak tegas merespon rekomendasi untuk pelaksanaan PSU.

Pada sidang nantinya, Ida Budhiati bertindak selaku ketua majelis didampingi tim pemeriksa daerah (TPD) Sulbar.

Tak hanya di situ, DKPP juga akan memeriksa Ketua PPK Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulbar bersama Ketua KPS Karossa dan Ketua beserta anggota Panwascam Karosso, serta anggota KPU Mamuju Tengah.

Sidang pemeriksaan dijadwalkan akan berlangsung pada Sabtu (13/07/2019). Itu berdasarkan sidang nomor perkara 148-PKE-DKPP/VI/2019. Ada pun pemohon, yakni Koordinator Bidang Hukum dan Advokasi PKS Sulbar, Syamsul Bahri.

"DKPP telah memanggil semua pihak secara patut, yakni lima (5) hari sebelum sidang pemeriksaan digelar," beber Kepala Biro Administrasi DKPP, Bernad Dermawan Sutrisno.

"Sidang kode etik DKPP bersifat terbuka artinya masyarakat dan media dapat menyaksikan langsung jalannya sidang pemeriksaan atau melalui live streaming Facebook DKPP, @medsosdkpp," tutup Bernad.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook