alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Stok Elpiji 3 Kilogram di Kabupaten Sinjai Dijamin Aman

Suwarny Dammar
Stok Elpiji 3 Kilogram di Kabupaten Sinjai Dijamin Aman
Stok elpiji 3 kg untuk Kabupaten Sinjai dipastikan aman. Buffer stok yang disiapkan bahkan mengalami peningkatan dari rata-rata konsumsi awal tahun. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Stok elpiji 3 kg untuk Kabupaten Sinjai dipastikan aman. Buffer stok yang disiapkan bahkan mengalami peningkatan dari rata-rata konsumsi awal tahun.

Menurut Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) MOR VII Sulawesi, Hatim Ilwan, penyaluran elpiji 3 kg Kabupaten Sinjai pada Juni 2019 tercatat sebesar 6.272 tabung per hari atau sekitar 18.82 metrik ton (MT) per harinya.

Dimana, jumlah ini naik sebesar 4% dibandingkan normal di awal tahun dengan rata -rata normal sebesar 5.801 tabung per hari atau 17.4 MT per hari. “Stok elpiji subsidi aman, bahkan distribusi stok pada Juni lalu naik sebesar 4%,”ujarnya kepada SINDOnews.



Dia menyebutkan, Kabupaten Sinjai terdiri dari sembilan Kecamatan yang saat ini disuplai oleh 95 Pangkalan dengan penyaluran sebesar 155.460 tabung per bulan. Sementara Harga Eceran Terendah (HET) berdasarkan Peraturan Bupati Sinjai Nomor 499 Tahun 2015 adalah sebesar Rp16.000 per tabung.

“Kami senantiasa berkoordinasi dengan Hiswana dan Agen LPG untuk memastikan seluruh pangkalan di wilayah masing-masing menjaga ketersedian stok elpiji. Dan hasilnya, di pangkalan stok elpiji 3 kg masih tersedia,” tukasnya.

Hatim memaparkan, pihaknya juga sudah meminta kepada seluruh agen untuk menjalankan tugas penyaluran elpiji 3 kg ini sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kami akan tegas terhadap agen yang tidak menjalankan tugas penyaluran ini dengan sebaik-baiknya.

“Dan kita juga minta agar agen untuk tidak segan-segan memberikan sanksi kepada pangkalan Elpiji di bawahnya yang terbukti melanggar,”tegasnya.

Prinsipnya, lanjut Dia, Pertamina selalu terbuka terhadap laporan yang masuk dari masyarakat melalui Call Center Pertamina 135. “Insya Allah akan langsung ditindaklanjuti dan jika terbukti melanggar, sanksi berupa surat teguran hingga Pemutusan Hubungan Usaha (PHU) akan kami lakukan,”tuturnya.

Pertamina selama ini sangat tegas dalam menjalankan aturan yang berlaku. Terbukti, 205 sanksi sudah pernah dikeluarkan sepanjang tahun 2018 hingga tahun 2019 kepada Agen dan Pangkalan Elpiji yang terbukti melanggar. Mulai dari sanksi ringan hingga berat, termasuk PHU.

Ia berharap dalam membeli LPG Tabung 3 kilogram, masyarakat tetap bijak dan sesuai dengan peruntukkannya. Selain elpiji 3 kilogram, Pertamina juga menyediakan elpiji Non Subsidi dengan varian Bright Gas 5,5 Kg dan 12 Kg serta Elpiji tabung biru 12 Kg dan 50 Kg, yang diperuntukkan bagi masyarakat mampu, restoran, dan pengusaha hotel.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook