alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Berusia 101 Tahun, Nenek Amase Naik Haji Tanpa Bantuan Alat Berjalan

Supriadi Ibrahim
Berusia 101 Tahun, Nenek Amase Naik Haji Tanpa Bantuan Alat Berjalan
Andi Sitti Amase didampingi menantunya Nurhayati. Nenek berusia 101 tahun ini akan berangkat menunaikan ibadah haji pada 31 Juli mendatang. Foto : SINDOnews/Supriadi Ibrahim

WATAMPONE - Berusia lebih satu abad tidak membuat semangat Andi Sitti Amase surut menunaikan ibadah haji pada 31 Juli mendatang. Nenek renta ini bahkan memastikan diri tidak menggunakan alat bantuan apapun untuk berjalan.

Nenek Amase yang kini berusia 101 tahun hanya akan didampingi putra bungsunya bernama Andi Kamaluddin, yang juga ikut menunaikan ibadah haji.

Kepada SINDOnews, Nenek Amase menuturkan rasa bersyukurnya dapat segera berangkat menunaikan rukun Islam kelima, berkat anaknya.



"Saya baru tau kalau saya ini mau berangkat ke tanah suci itu, setalah saya mengikuti manasik haji baru baru ini. Anak saya yang daftar saya, saya tidak tau apa apa, ini suatu kesyukuran bagi saya karena berkesempatan menunuaikan rukun Islam kelima, berkat anaknya," tukasnya haru.

Nenek kelahiran, Lanca Bone, 01-07-1917 ini sendiri mengaku tidak memiliki persiapan khusus ke Tanah Suci. Menurutnya, beribadah di Tanah Suci merupakan keberkahan baginya.

"Pokoknya disyukuri saja. Ya muda mudahan perjalanan saya nanti disana baik baik dan bisa kembali kesini dengan sepeeti yang sekarang ini. Saya seperti ini karena saya tidak pernah bebuat jahat ke orang saya malah biasa membantu orang pada waktu saya masih muda, keliling menjual pakaian. Saya dulu tidak banyak makan. Saya punya anak itu ada 7 orang, dua sudah meninggal dunia," tukasnya.

Sementara itu, Nurhayati, menantu Nenek Amase, mengatakan dalam kesehariannya, Nenek Amase memang kuat secara fisik. Tidak seperti kaum renta pada umumnya, Nenek Amase bahkan masih turun ke kolom rumah untuk menyapu.

"Mertuaku itu masih biasa turun menyampu, tadi pagi dia ke kolom rumah menyampu, biasa juga kerumah tetangga jalan sendiri," tukasnya.

Jika tidak ada aral melintang, warga Dusun Lompoe Desa Lanca, Kecamatan Tellu Siattingnge, Kabupaten Bone ini akan berangkat pada 31 Juli mendatang melalui embarkasi Makassar.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads