alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sektor Perizinan Masih Jadi Lahan Empuk Korupsi Pejabat

M Reza Pahlevi
Sektor Perizinan Masih Jadi Lahan Empuk Korupsi Pejabat
Sektor perizinan masih menjadi lahan empuk korupsi pejabat daerah. Transparency International Indonesia (TII) bersama Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi mencatat hasil monitoring lahan korupsi di sektor tersebut. Foto : Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Sektor perizinan masih menjadi lahan empuk korupsi pejabat daerah. Transparency International Indonesia (TII) bersama Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi mencatat hasil monitoring lahan korupsi di sektor tersebut.

Menurut Program Officer Riset dan Kampanye TII, Nur Fajrin, monev ini sendiri dihasilkan dari serangkaian kegiatan pengumpulan data dan informasi dengan melibatkan CSO lokal yang konsen di isu korupsi.

Hasilnya, untuk wilayah Makassar sektor perizinan menjadi tempat mendulang hasil korupsi paling empuk. Selain itu korupsi paling tinggi juga ada di keuangan negara, penegakan hukum serta reformasi birokrasi.



Fajrin berharap temuan ini dapat menjadi bahan bagi pemerintah untuk meningkatkan solusi pencegahan korupsi yang melibatkan seluruh elemen masyarakat.

"Selanjutnya KPK dan Timnas jugaperlu untuk mendorong entitas pemerintah daerah terbuka pada setiap proses penyusunan kebijakan yang melibatkanmasyarakat sipil secara transparan, akuntabel dan partisipatif," tandas Fajrin.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook