alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

12 Bulan, Guru dan Tenaga Kesehatan Honorer Tana Toraja Belum Gajian

Joni Lembang
12 Bulan, Guru dan Tenaga Kesehatan Honorer Tana Toraja Belum Gajian
Ketua DPRD menyayangkan sikap Pemkab Tana Toraja yang hingga saat ini belum membayarkan gaji tenaga honorer selama 12 bulan. Foto: Ilustrasi/SINDOnews

MAKALE - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyayangkan sikap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja yang hingga saat ini belum membayarkan gaji tenaga honorer selama 12 bulan. Terhitung sejak Agustus 2018 sampai Juli 2019.

Padahal para guru dan tenaga kesehatan honorer tersebut telah memegang Surat Keputusan (SK) Bupati Tana Toraja.

"Ini sudah tidak manusiawi lagi terhadap tenaga guru honorer dan tenaga honorer kesehatan. Mereka sudah bekerja tetapi honor yang menjadi hak mereka selama 12 bulan belum dibayarkan pemerintah," beber Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi.



Menurut dia, SK yang diterbitkan bupati menjadi konsekuensi pemerintah kabupaten untuk menyiapkan anggaran pembayaran honor mereka.

Bupati pun sebelumnya dalam rapat paripurna DPRD beberapa bulan lalu diakuinya berjanji akan membayarkannya paling lambat pada bulan Mei 2019. Namun hingga Juli ini belum terealisasi.

"Ini soal kemanusiaan. Bagaimana tenaga kontrak daerah mau sejahtera kalau honor mereka belum dibayarkan.  Mereka harus keluarkan biaya tiap hari ke tempat kerja dan butuh biaya hidup," pungkas Welem.

Dia menambahkan, kondisi tersebut sudah tidak lagi sejalan dengan program bupati, yakni jangan biarkan rakyatku lapar.

Dengan demikian, Welem mendesak Pemkab Tana Toraja untuk segera membayarkan gaji para tenaga honorer tersebut.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook