alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Sulsel Siap Terapkan E-Rekapitulasi pada Pilkada 2020

Muhaimin
KPU Sulsel Siap Terapkan E-Rekapitulasi pada Pilkada 2020
Komisioner divisi penyelenggaraan Pemilu KPU Sulsel, Fatmawati Rahim. Foto: SINDOnews

MAKASSAR - KPU Sulsel menyambut baik wacana penerapan rekapitulasi elektronik (e-rekapitulasi) pada Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada). Mereka mengaku siap andai e-rekapitulasi diterapkan pada Pilkada 2020 mendatang.

“Tentu Sulawesi Selatan siap untuk melaksanakan kebijakan KPU RI (termasuk e-rekapitulasi). Apakah pada Pilkada terdekat atau nantinya,” kata komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sulsel, Fatmawati Rahim, Kamis (11/7/2019).

Dia menyebut, penerapan e-rekapitulasi ini bisa memberikan kepercayaan kepada masyarakat terhadap kerja-kerja KPU. Sekaligus mengurangi kecurigaan dan kecurangan dalam proses rekap suara.



“Tujuan e-rekap ini kan trust publik terhadap KPU. Jika e-rekap itu bisa menjadi instrumen untuk publik yang bisa meningkatkan akuntabiliti, kejujuran profesionalitas, efisien dan efektif, tentu kita gembira mendukung KPU RI. Supaya publik itu tidak lagi nanya-nanya lagi soal kecurangan,” paparnya.

Soal penerapannya, Fatma menyebut bahwa e-rekapitulasi sedianya tak butuh waktu yang lama untuk diterapkan. Lantaran e-rekapitulasi ini memiliki sistem yang tidak berbeda jauh dengan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) yang telah diterapkan KPU sejak Pemilu 2004 lalu.

Bedanya, selama ini Situng hanya digunakan sebagai informasi data penghitungan suara. Namun jika menerapkan e-rekapitulasi, maka bakal jadi rujukan data penghitungan suara resmi.

“Situng itu juga sebenarnya sudah elektronik rekap dan sudah dipublis. Dan andai nanti dikembangkan lagi, maka saya kira itu bagus,” tuturnya.

Meski begitu, Fatma menyebut untuk merealisasikannya, ada sejumlah hal yang masih harus diperbaiki. Mulai dari perangkat elektroniknya hingga sumber daya manusianya. Khusus SDM, pelatihan khusus perlu dilakukan untuk melancarkan sistem baru e-rekapitulasi ini.

Jika e-rekapitulasi diterapkan, maka tidak akan ada lagi penghitungan suara secara manual dan berjenjang. Sebab, setelah data perolehan suara dicatat dalam form C1, form tersebut akan langsung dibawa ke kecamatan atau kabupaten untuk diinput oleh petugas.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads