TOPIK TERPOPULER

Mau Liburan Nyaman dan Aman di Tengah Pandemi? Ini 5 Tipsnya

Tim SINDOnews
Mau Liburan Nyaman dan Aman di Tengah Pandemi? Ini 5 Tipsnya
Liburan di tengah pandemi tetap bisa nyaman dan aman dengan memperhatikan beberapa hal. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Liburan di masa pandemi bisa sangat membahayakan jika tidak dipersiapkan secara matang. Tapi liburan selama pandemi masih memungkinkan untuk dilakukan jika kita disiplin menerapkan protokol kesehatan dan memperhatikan hal-hal urgen.

Pariwisata menjadi salah satu sektor yang menjadi tumpuan hidup banyak orang, utamanya UMKM. Dan juga menjadi sektor yang paling terpukul karena adanya pandemi. Sehingga dengan liburan dan membelanjakan uang yang dimiliki, secara tidak sadar wisatawan membantu geliat perekonomian di tengah pandemi.



Nah, jika Anda berencana akan liburan di tengah pandemi, perhatikan 5 tips berikut ini:

1. Pilih dengan bijak transportasi yang akan digunakan
Karena pandemi, kita tidak bisa memilih dengan bebas transportasi yang digunakan seperti sebelum adanya Covid-19. Memilih angkutan umum, baik bus, kereta, hingga pesawat harus dengan cermat dan memperhatikan kebijakan penerapan protokol kesehatan pengelola.

Mobil dipercaya menjadi transportasi yang paling aman digunakan untuk melakukan perjalanan selama pandemi, karena kontak dengan orang lain sangat kurang dilakukan sehingga meminimalisir risiko penyebaran Covid-19.

2. Lakukan tes Covid-19 sebelum dan setelah liburan
Melakukan swab tes atau rapid tes sebelum dan setelah liburan adalah urgen dilakukan. Hal ini untuk memastikan Anda aman melakukan perjalanan dan tidak membahayakan orang lain di sekitar Anda.

Baca Juga: Libur Akhir Tahun di Rumah Saja, 6 Film Ini Bisa Jadi Hiburan Menyenangkan



3. Temukan hotel dengan protokol kesehatan ketat
Liburan di masa pandemi akan terasa lebih nyaman jika sebelumnya Anda sudah memastikan hotel yang akan ditempati benar-benar aman karena menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan tidak ragu untuk menegur tamu yang melanggar.

4. Buat rencana perjalanan
Karena Anda akan bepergian dalam keadaan yang sangat berbeda dan baru, penting untuk memastikan Anda sudah mengetahui semuanya. Buatlah daftar tempat-tempat yang aman dikunjungi. Misalnya, jika Anda berencana mengunjungi kedai kopi populer, pastikan tempat tersebut menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

5. Pastikan bepergian dengan perlengkapan new normal
Sebelum keluar rumah, pastikan di tas Anda sudah ada perlengkapan new normal, yaitu masker, hand sanitizer, tisu antibakteri, semprotan desinfektan. Untuk masker wajah, Anda harus memastikan bahwa ada setidaknya 3 lapisan di dalamnya, apakah yang terbuat dari kain atau kain standar medis.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), meski masker kesehatan tetap menjadi alat yang paling efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona, masker kain juga bisa digunakan asalkan dibuat dengan 3 lapis.

Hand Sanitizer adalah perlengkapan penting lainnya untuk Anda bawa, jika Anda tidak dapat menemukan wastafel di sekitar. Studi menunjukkan bahwa pembersih tangan dengan alkohol kurang dari 60% tidak efektif, jadi Anda harus memastikan untuk tidak memilih yang ini.

Baca Juga: Tips untuk Wanita yang Ingin Solo Traveling saat Liburan



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!