Klarifikasi Camat di Parepare yang Videonya Viral Membentak Pedagang

Rabu, 30 Desember 2020 - 11:12 WIB
loading...
Klarifikasi Camat di Parepare yang Videonya Viral Membentak Pedagang
Camat Ujung Parepare, Ulfa Lanto, memberikan klarifikasi soal aksi tegasnya yang viral di media sosial. Foto: iNews/Ichsan Anshari
A A A
PAREPARE - Camat Ujung Kota Parepare, Ulfa Lanto akhirnya memberikan klarifikasinya terkait video yang memperlihatkan dirinya tengah membentak pedagang saat operasi yustisi beberapa waktu lalu. Video itu viral dan menuai kecaman masyarakat.

Menurut Ulfa, kejadian itu bermula dari perdebatan antara ia dan pedagang, yang mengaku tidak tahu ada penerapan jam malam. Saat itu, Ulfa dan beberapa petugas sedang melakukan operasi yustisi pembatasan jam malam.



"Dia (pedagang) beralasan tidak tahu ada aturan tersebut. Selain itu tidak pernah ada sosialisasi kepada masyarakat," kata Ulfa saat dikonfirmasi, Selasa (29/12/2020).

Padahal kata Ulfa, operasi yustisi sudah berjalan sejak dua hari lalu. Sosialisasi kebijakan wali kota ini pun sudah dilakukan. Namun banyak pedagang yang tak patuh aturan.

"Jadi saya tidak mau tebang pilih dalam menindak para pelanggar," ujarnya.

Sebelumnya aksi Ulfa Lanto viral di media sosial saat membentak pedagang, bahkan sampai menggebrak meja. Sempat terjadi keributan, karena pedagang tak terima dengan cara camat ini menutup paksa usaha tempat makan mereka.



Sementara itu, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe sebelumnya telah menyampaikan permohonan maaf atas sikap bawahannya tersebut, lantaran tidak memberikan rasa nyaman kepada pedagang. Menurut Taufan, penegakan dan edukasi perwali terkait pemberlakuan batasan aktivitas malam, harusnya dilakukan dengan cara yang humanis dan mengedepankan kemanusiaan.

"Tentu akan kita lakukan evaluasi tindakan ini, izinkan kami memberikan evaluasi dan tindak tegas kepada petugas tersebut,” kata Taufan.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2753 seconds (0.1#10.140)