alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

AS Segera Umumkan Sanksi untuk Turki Atas Pembelian Rudal S-400 Rusia

Agus Nyomba
AS Segera Umumkan Sanksi untuk Turki Atas Pembelian Rudal S-400 Rusia
Amerika Serikat (AS) dilaporkan segera mengumumkan sanksi untuk Turki, karena telah mendatangkan Rudal S-400 milik Rusia ke Ankara. Foto: Istimewa

WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) dilaporkan bakal mengumumkan sanksi, untuk Turki yang telah mendatangkan sistem rudal S-400 Rusia ke Ankara, pada pekan depan.

Sebelumnya, AS mengancam akan mengecualikan Turki dari program F-35 atas keputusannya untuk membeli sistem rudal S-400 Rusia, dengan mengatakan bahwa mereka dapat membahayakan pesawat buatan AS.

Berdasarkan laporan Bloomberg yang mengutip sejumlah sumber di Washington. AS berencana mengumumkan sanksi terhadap Turki atas pengiriman sistem rudal S-400 Rusia pada akhir minggu depan.



"Tim Presiden AS Donald Trump telah memutuskan paket sanksi terhadap Turki," kata sebuah sumber kepada agensi yang dilansir dari Sputnik, Minggu, (14/07/2019).

Awal pekan ini, pimpinan komite Senat Layanan dan Hubungan Luar Negeri AS mengatakan, dalam siaran pers bersama bahwa Trump harus menjatuhkan sanksi pada Turki setelah negara NATO menerima pengiriman pertama sistem pertahanan rudal S-400 Rusia.

Pada hari Jumat, Kementerian Pertahanan Turki mengatakan, pengiriman pertama sistem rudal pertahanan udara S-400 mendarat di Ankara.

Moskow dan Ankara menandatangani perjanjian pinjaman untuk pengiriman sistem S-400 pada Desember 2017. AS dan NATO mengecam keras kerja sama Turki dengan Rusia, mengklaim bahwa sistem S-400 tidak kompatibel dengan sistem pertahanan udara NATO. Turki, yang merupakan negara anggota NATO, telah berulang kali mengatakan bahwa sistem itu tidak menimbulkan ancaman bagi aliansi.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads