alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Transaksi di Ajang Beautiful Malino Mencapai Rp28 Miliar

Herni Amir
Transaksi di Ajang Beautiful Malino Mencapai Rp28 Miliar
Penyerahan hadiah untuk pemenang Mountain Bike di ajang Beautiful Malino. Foto: Sindonews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Event wisata Beautiful Malino usai sudah. Kegiatan andalan Pemkab Gowa ini berhasil membukukan angka transaksi hingga Rp28 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata Gowa Sofyan Hamdi mengatakan, angka ini terbilang realistis jika menilik besarnya jumlah pengunjung.

Event tahunan yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya itu, mampu menembus angka 70.000 pengunjung dalam tiga hari atau meningkat 10.000 pengunjung.



"Rp28 miliar itu dengan perhitungan pengunjung membelanjakan hanya Rp400.000 saja," ungkapnya saat penutupan Beautiful Malino di hutan pinus Malino, Minggu (14/7/2019).

Menurut Sofyan, perhelatan kali ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal saja dari Makassar dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Tetapi juga pihak panitia mencatat setidaknya wisatawan asing dari 14 negara antusias mengikuti berbagai item kegiatan yang digelar. Baik sebagai peserta maupun sebagai penikmat.

Mulai dari karnaval bunga, festival budaya, art and festival, trial adventure, sepeda gunung, sampai dengan fun run.

Besarnya minat masyarakat juga, karena acara yang disajikan dikemas lebih matang. Mountain Bike atau sepeda gunung diperlombakan dalan skala internasional dengan pemenang unum akan diikutkan lomba sejenis untuk tingkat Asia.

Begitupula dengan trial adventure yang menyajikan medan-medan terjal berupa lumpur hidup dan tebing dengan kemiringan 75 derajat. Track yang hanya dimiliki Malino.

"Pengunjung dari tahun ke tahun memang terus meningkat. Termasuk summer camp yang jumlahnya bahkan sampai 4.000 peserta. Jauh di atas tahun lalu yang hanya 1.000 peserta," jelasnya.

Dia juga menyampaikan jika infrastruktur sangat mendukung masyarakat untuk menikmati alam Malino. Terutama infrastruktur jalan yang membuat jarak tempuh ke Malino semakin cepat.

Begitupula dengan objek-objek wisata yang telah dipoles serta pembangunan pedestrian, maupun penambahan lampu jalan.Kedepan ini akan semakin lengkap dengan kehadiran kebun Raya Malino yang dibangun lebih besar dari kebun Raya Bogor.

"Malino terus berbenah. Pemkab, Pemcam dan masyarakat setempat semua menyatu mengembalikan Malino sebagai destinasi andalan," paparnya.

Dari pantauan, sepanjang jalur-jalur protokol sepanjang Beautiful Malino dipenuhi oleh pejalan kaki. Akibatnya kemacetan panjang tidak terhindarkan.

Padahal saat Art and Festival yang menampilkan Gigi Band di hari Sabtu dan Andmesh di hari Minggu, aparat kepolisian telah melakukan upaya, mobil hanya bisa sampai depan Polsek atau radius 2 km dari acara.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads