alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

ASN Polman Keluhkan Pemotongan Gaji untuk Zakat Profesi, Ini Kata Baznas

Asrianto Suardi
ASN Polman Keluhkan Pemotongan Gaji untuk Zakat Profesi, Ini Kata Baznas
Ketua Baznas Polman Nur Rachman. Ia menjelaskan aturan terkait pemotongan gaji untuk zakat profesi. Foto: Sindonews/Asrianto Suardi

POLMAN - Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Polewali Mandar, mengeluhkan adanya pemotongan gaji sebesar 2,5% dilingkup Pemerintahan Kabupaten Polman.

Padahal, pemotongan gaji ASN itu sebagai peraturan Bupati Nomor 9 Tahun 2019 tentang tata cara zakat profesi bagi Aparatur Sipil Negara( ASN).

Salah satu ASN yang enggan disebutkan namanya mengeluh dengan potongan gaji yang diberlakukan oleh Pemerintah Kabupaten, yang tidak menyampaikan atau melakukan sosialisasi sebelum diberlakukannya pemotongan gaji itu.



"Bagaimana kasihan kami yang bergaji pas-pasan, belum lagi kalau ada kredit, mana cukup," katanya.

Menurut ASN tersebut, pemotongan gaji tersebut sebagai infaq dan zakat ke Baznas namun disayangakan pihak Baznas tidak menyampaikan sebelumnya dan bahkan telah disetujui.

"Nanti kedepannya pihak Baznas juga harus transparan dalam sistem penyaluran zakat tersebut," tandasnya.

Ketua Badan Amil zakat (Baznas) Polman Nur Rachman mengatakan, zakat ini mengikuti dari besaran gaji Pegawai di Pemkab Polman. Bagi pegawai yang berpenghasilan Rp4 juta ke bawah akan dipotong Rp35 ribu per bulan dan bagi pegawai yang berpenghasilan Rp4 juta ke atas dipotong Rp100 ribu perbulan.

"Bagi PNS gajinya akan dipotong sebesar 2,5 % perbulan. Jadi pemotongannya bervariasi mulai dari besaran gajinya, jadi bukan dari tingkat eselonnya. Nilai itu dilakukan berdasar besaran kadar zakat emas sebesar 2,5 persen," katanya, Minggu, (14/7/2019).

Nurrahman menjelaskan, dana zakat tersebut yang telah terkumpul nantinya akan digunakan untuk membantu warga miskin yang ada di Polman.

Hal ini juga menurutnya sudah disetujui oleh Bupati Polman melalui Perbup nomor 9 tahun 2019 dan merujuk UUD nomor 23 tahun 2011 tentang pengolaan zakat lalu dikuatkan melalui intruksi Presiden nomor 3 tahun 2014 tentang optimalisasi pengumpulan zakat di kementerian.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads