alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ketahuan Hamil, Nur Hidayah Batal Berangkat Haji Tahun Ini

Chaeruddin
Ketahuan Hamil, Nur Hidayah Batal Berangkat Haji Tahun Ini
Niat Nur Hidayah Jabbar (33 tahun) berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini tampaknya harus tertunda. Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Luwu ini batal berangkat karena ketahuan tengah tengah mengandung. Foto : SINDOnews/Chaeruddin

LUWU - Niat Nur Hidayah Jabbar (33 tahun) berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini tampaknya harus tertunda. Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Luwu ini batal berangkat karena ketahuan tengah mengandung.

Kepala Kemenag Kabupaten Luwu, HM Jufri, mengatakan aturan yang tegas, tidak membolehkan perempuan hamil untuk berhaji dengan syarat-syarat tertentu.

"Satu jamaah calon haji kita batal berangkat karena hamil muda. Aturan pemberangkatan menyebutkan satu hari sampai tiga bulan usia kandungan maka tidak bisa diberangkatkan, termasuk masa kehamilan umur tujuh bulan ke atas," jelas Jufri.



Dalam kesempatan ini, Jufri pun merincikan jumlah jamaah haji asal Kabupaten Luwu yang akan berangkat tahun ini sebanyak 287 orang.

"Awalnya jumlah yang akan berangkat sebanuak 288 namun satu yang tertunda sehingga hari ini kita lepas sebanyak 287 orang. Laki-laki sebanyak 92 orang atau sekira 32 persen, perempuan 195 orang atau sekira 68 persen," urainya.

287 calon jamaah haji Kabupaten Luwu tercatat 44 orang adalah ASN, pedagang 15 orang, nelayan dan petani 57 orang, wiraswasta 33 orang, IRT sebanyak 131 orang, mahasiswa 1 orang, pensiunan 4 orang dan TNI/Polri 2 orang.

Sementara itu, Bupati Luwu, Basmin Mattayang, yang berkesempatan melepas rombongan calon jamaah haji berpesan agar calon jamaah melaksanakan sholat tobat terlebih dahulu.

"Minta sama Allah agar tidak memperlihatkan dosa-dosa dan perbuatan salah kita selama di tana haram. Ini perlu sampaikan sebagai pengingat bagi kita semua utamanya yang ingin berangkat ke sana," tukas Bupati.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook