alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kasus Sengketa dan Penjualan Aset Jadi 'PR' PemkabBulukumba

Eky Hendrawan
Kasus Sengketa dan Penjualan Aset Jadi PR PemkabBulukumba
Pemkab Bulukumba harus menyelesaikan sejumlah kasus sengketa dan penjualan aset daerah. Foto: Ilustrasi

BULUKUMBA - Kasus sengketa dan penjualan aset daerah Kabupaten Bulukumba menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan. Bahkan ini jadi perhatian penting anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba. Pasalnya, kasus sengketa dan pejualan lahan kerap terjadi tanpa ada penyelesaian yang jelas.

Beberapa kasus sengketa yang terjadi di Bulukumba yakni lahan lapangan sepakbola di Desa Sopa, Kecamatan Kindang, dan lahan BPP Pertanian di Kecamatan Bonto Tiro, tanah perkuburan di Desa Barugae, Kecamatan Bulukumpa dan aset yang berada di belakang kantor Kelurahan Mario Rennu, Kecamatan Gantarang.

Untuk lapangan sepakbola Desa Sopa sendiri telah bergulir sejak tahun 2014 atau sejak di era kepemimpinan Zainuddin Hasan sebagai Bupati Bulukumba. Namun hingga di era AM Sukri A Sappewali saat ini lahan tersebut belum juga diselesaikan.



"Sengeketa lahan sepak bola di Desa Sopa ini tidak pernah terselesaikan, sudah dua periode pemerintahan bupati namun hingga saat ini belum ada kejelasan terkait penguasaan lahannya," kata legislator Gerindra Bulukumba, Muhammad Bakti, Senin, (15/07/2019).

Fraksi Gerindra kata Bakti, menilai pemerintah Bulukumba saat ini lemah dalam mengelola aset daerah. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya kasus penjualan lahan yang menjadi aset daerah.

"Kami mendorong Pemkab melakukan upaya hukum yang melibatkan kepolisian dan kejaksaan. Karena ini tidak lagi harus dimediasi tapi sudah ada pelanggaran pidana," tegasnya.

Usulan penyelesaian secara hukum, Muhammad Bakti menurutnya agar pemerintah tidak lagi berhadapan dengan kasus yang serupa yakni sengketa dan penjulan aset daerah. Dimana hal tersebut akan melahirkan dampak yang buruk atas pemerintah dimasa mendatang.

"Kami mendorong tidak ingin pemerintah terus-terusan diperhadapan dengan persoalan sengketa dan penjualan aset. Setiap tahun kita hanya diperhadapan dengan masalah seperti ini," ungkapnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads