alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kapal Bom Iran Berpotensi Menyerang Kapal Perang Inggris di Laut Merah

Tim Sindonews
Kapal Bom Iran Berpotensi Menyerang Kapal Perang Inggris di Laut Merah
Kapal bom nirawak milik Militer Iran ditemukan tengah berada di jalur perairan Laut Merah. Kapal ini disebut berpotensi menyerang lambung kapal HMS Duncan tipe 45 yang menuju ke teluk tersebut. Foto : Ilustrasi/Istimewa

LONDON - Kapal bom nirawak milik Militer Iran ditemukan tengah berada di jalur perairan Laut Merah. Kapal ini disebut berpotensi menyerang lambung kapal HMS Duncan tipe 45 yang menuju ke teluk tersebut.

Tak ayal, keberadaan kapal bom ini membuat kapal perang Inggris ini dalam posisi siaga tinggi setelah. Pasukan Arab Saudi mendapati pegerakan Blowfish Iran ketika sedang melindungi kapal kargo di Teluk.

Iran telah bersumpah membalas dendam setelah Marinir Kerajaan Inggris menyita salah satu kapal tanker-nya yang dicurigai mencoba mengirim minyak secara ilegal ke Suriah.



Sumber militer Inggris percaya Blowfish, yang dapat dikemudikan dari empat mil jauhnya, dikerahkan oleh sekutu Iran, yakni pasukan pemberontak Houthi Yaman.

HMS Duncan yang bersenjata lengkap yang akan bergabung dengan kapal perang HMS Montrose yang sudah lebih dulu siaga di Teluk.

Mantan perwira Angkatan Laut Inggris Simon Warrington memperingatkan bahaya dari pasukan pemberontak Houthi. "Ancaman dari Houthi, yang merupakan milisi proksi Iran melakukan pekerjaan kotor Teheran, sangat nyata," katanya, seperti dikutip Mirror, Selasa (16/07/2019).

HMS Duncan adalah kapal perang terbaru yang ditugaskan untuk bergabung dengan armada tempur Barat di Teluk. Sebelumnya, Amerika SSerikat (AS) mengirim kapal perang tambahan dan sistem pertahanan rudal Patriot ke Timur Tengah di tengah meningkatnya ketegangan dengan Iran pada Mei.

AS juga sudah mengirim Kelompok Tempur Kapal Induk USS Abraham Lincoln ke sebuah perairan yang dekat dengan perbatasan maritim Iran. Pesawat pengebom B-52 sudah berada di sebuah pangkalan di Qatar.

AS mengatakan penyebaran armada tempurnya ke Teluk sebagai tanggapan atas kesiapan Iran yang meningkat untuk melakukan operasi ofensif. Namun, Teheran membantah tuduhan tersebut.

Pentagon menambahkan bahwa Washington siap untuk membela pasukan dan kepentingan AS di kawasan Timur Tengah, tetapi tidak mencari konflik.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook