alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Menteri Luar Negeri Iran: AS Selalu Disambut untuk Negosiasi

Agus Nyomba
Menteri Luar Negeri Iran: AS Selalu Disambut untuk Negosiasi
Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif. Ia bakal menyambut negosiasi dengan Amerika Serikat jika sanksi terhadap Iran dicabut. Foto: Istimewa

TEHERAN - Pemerintah Iran akan selalu menyambut Amerika Serikat (AS), untuk bernegosiasi terkait dengan perjanjian nuklir tahun 2015.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif. Ia mengatakan, pihaknya selalu menyambut Amerika Serikat (AS).

"Setelah sanksi itu dicabut, maka ... ruang untuk negosiasi terbuka lebar," Javad Zarif, yang saat ini sedang dalam kunjungan ke New York untuk konferensi PBB seperti dikutip di Sputnik, Selasa, (16/07/2019).



"Amerika Serikat yang meninggalkan meja perundingan. Dan mereka selalu dipersilakan untuk kembali," lanjutnya.

Dia menggarisbawahi bahwa Donald Trump terus berbicara tentang dugaan aspirasi nuklir Teheran, tetapi mengamati bahwa Iran meninggalkan program senjata nuklirnya sejak lama.

"Kami tertarik mengembangkan senjata nuklir, kami sudah bisa melakukannya sejak lama," katanya.

"Saya tidak percaya bahwa Presiden Trump menginginkan perang. Tetapi saya percaya bahwa orang-orang ada di sekitar yang tidak keberatan dengan dia," katanya.

"Tapi saya tidak berpikir mereka akan berhasil karena pada akhirnya, saya pikir kehati-hatian akan menang. Orang-orang tahu bahwa Iran adalah negara besar, bangga," lanjutnya.

Ia juga mengatakan bahwa seseorang perlu menemukan situasi menang, seperti negosiasi lainnya.

"Kalau tidak, Anda akan berakhir dengan situasi kalah / menang," katanya.

Pada tahun 2018, Trump tiba-tiba meninggalkan apa yang disebut kesepakatan nuklir Iran, mengkritik perjanjian era Obama sebagai berpotensi memungkinkan Iran untuk mendapatkan senjata nuklir begitu kesepakatan selesai. Pada tahun berikutnya, Washington secara bertahap menggenjot sanksi baru terhadap Iran, di wilayah Teluk Persia.

Teheran telah berulang kali menangkis tuduhan pelanggaran dan telah bersumpah untuk mematuhi kesepakatan itu. Namun, sebagai penandatangan Eropa telah gagal untuk secara efektif melindungi Teheran dari sanksi.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads