alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pelaku Industri Kecewa Event Kementerian Pariwisata Batal Digelar

Budi Santoso
Pelaku Industri Kecewa Event Kementerian Pariwisata Batal Digelar
Pemkot Makassar batal melaksanakan event Kementerian Pariwisata, Makassar International Eight Festival and Forum (MIEFF) 2019 atau Makassar F8. Foto: Dok/SINDOnews

MAKASSAR - Para pelaku industri sangat kecewa dengan sikap Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang batal melaksanakan event Makassar International Eight Festival and Forum (MIEFF) 2019 atau Makassar F8.

Pembatalan pelaksanaan event pariwisata nasional ini diketahui usai Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Makassar, Kamalia Tamrin Tantu menggelar konfrensi pers, baru-baru ini.

Kata dia, pembatalan event Kementerian Pariwisata itu berdasarkan petunjuk dari Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb.



Ada pun anggaran pelaksanaan Makassar F8 2019 kurang lebih Rp3,8 miliar diakui akan dialihkan untuk kegiatan yang lebih prioritas.

(Baca juga: Pemkot Batalkan Penyelenggaraan Event Makassar F8 2019)

"Saya tidak tahu (alasan pengalihan), karena anggaran ini akan dipakai untuk kegiatan yang lebih prioritas dan saya belum tahu (apa yang prioritas) dari pemerintah daerah, yang jelas untuk tahun ini ditunda dulu," tutur Kamalia.

Ketua Asosiasi Usaha Hiburan Makassar (AUHM), Zulkarnain Ali Naru turut angkat bicara. Dia menilai kebijakan pemerintah kota tidak logis. Apalagi pelaksanaan kegiatan Makassar F8 telah ditetapkan oleh DPRD Makassar melalui APBD 2019.

"Intinya, mewakili para pelaku industri pariwisata kota Makassar, tentu kami sangat kecewa. Kecewa dengan pembatalan Makassar F8," pungkas Zul yang juga wartawan senior, Selasa (16/07/2019).

Menurutnya, Makassar F8 merupakan paket atraksi budaya terbaik dan sarat dengan inspirasi membangun kebudayaan dan peningkatan perekonomian masyarakat utamanya para pelaku industri dan pedagang di pelataran Anjungan Pantai Losari Makassar.

"Tentu sangat menyayangkan pembatalan pelaksanaan kegiatan Makassar F8. Padahal, jika kita gunakan akal sehat, kegiatan seperti ini minim dari hal-hal yang negatif," ujarnya.

"Ada banyak konsep kreativitas yang dihasilkan dalam Makassar F8 ini, dan tentu sangat menginspirasi, terutama bagi para milenial. Dalam segi ekonomi, F8 ini juga sangat besar dampak positifnya, terutama bagi para pelaku industri kepariwisataan di Kota Makassar, baik hotel, usaha hiburan, restoran dan tentunya sektor-sektor lainnya," tambah Zulkarnain.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook