alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tampilkan Simbol Sejarah, Rehab Makam Sultan Hasanuddin Diapresiasi

Herni Amir
Tampilkan Simbol Sejarah, Rehab Makam Sultan Hasanuddin Diapresiasi
Menteri Sosial Agus Gumiwang mendengarkan presentasi bagian makam Sultan Hasanuddin yang telah direnovasi. Foto: Sindonews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Rehabilitasi Makam Sultan Hasanuddin oleh Kementerian Sosial, mendapat apresiasi positif dari Raja Gowa Andi Kumala Idjo.

Dia mengatakan, jika perhatian dari pemerintah pusat itu menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Gowa.

Apalagi dalam proses rehabilitasi tersebut, tidak meninggalkan nilai budaya serta sarat akan simbol-simbol kerajaan Gowa.



Seperti simbol Salokoa atau mahkota yang disematkan pada Baruga kawasan Makam. Dimana setiap raja lanjutnya pasti memiliki mahkota.

Kemudian pagar dibuat menyerupai pagar benteng. Hal ini dinilai relevan karena wilayah Makam Sultan Hasanuddin dulunya adalah bekas salah satu benteng Kerajaan Gowa yakni Benteng Kalegowa.

"Konsepnya sudah diseminarkan. Dan hasilnya memang banyak simbol kerajaan dan punya makna," ungkapnya, seusai peresmian rehab makam Sultan Hasamuddin, Selasa (16/7/2019).

Dia berharap, ke depan taman makam ini dapat menjadi tempat belajar bagi pelajar dan mahasiswa sehingga mengetahui sejarah kepahlawanan Sultan Hasanuddin.

Dan yang terpenting yang harus menjadi perhtian adalah pemeliharaan ke depan. Sehingga yang sudah dibangun dapat terjaga dengan baik.

Dalam konsep revitalisasi ini ada beberapa item yang diubah seperti tugu Palantikang, gerbang utama, pagar depan, papan nama/papan informasi, halaman parkir, baruga, dan balai peertemuan.

Selain itu dalam kawasan juga dilengkapi puluhan gazebo yang melambangkan jumlah raja Gowa yang pernah berkuasa.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook