alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kementerian Sosial Target 1 Juta Penerima PKH Tergraduasi di 2020

Herni Amir
Kementerian Sosial Target 1 Juta Penerima PKH Tergraduasi di 2020
Menteri Sosial, Agus Gumiwang saat mengunjungi Makam Sultan Hasanuddin di Kabupaten Gowa, Sulsel, Selasa (16/07/2019). Foto: Herni Amir/SINDOnews

SUNGGUMINASA - Kementerian Sosial (Kemensos) menargetkan satu juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) tergraduasi pada tahun 2020 mendatang.

Menteri Sosial (Mensos), Agus Gumiwang mengatakan, target tersebut seiring dengan tekad Presiden Joko Widodod untuk terus menekan angka kemiskinan di Indonesia.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan sudah berada di persentase 9,41 persen periode Maret 2019, atau mengalami penurunan 0,41 persen jika dibandingkan dengan periode Maret 2018 lalu.



Dia mengatakan, BPS mencatat jumlah penduduk miskin (penduduk dengan pengeluaran per kapita per bulan di bawah garis kemiskinan) pada Maret 2019 adalah 25,14 juta jiwa. Pada bulan Maret 2018, jumlah penduduk miskin mencapai 25,95 juta jiwa.

"Seiring dengan penurunan angka kemiskinan, kemensos juga terus melakukan berbagai upaya untuk menurunkan angka kemiskinan salah satunya mewujudkan target graduasi satu juta KPM PKH pada 2020," kata Agus Gumiwang saat berada di Kabupaten Gowa, Sulsel, Selasa (16/07/2019).

Lebih lanjut dia menjelaskan, jika graduasi mandiri artinya penerima manfaat atau KPM sudah bisa lepas dari program bansos yang selama ini diberikan pemerintah karena telah mandiri secara ekonomi.

Dimana jumlah KPM PKH yang telah graduasi mandiri meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2017 jumlah KPM sejahtera mandiri sebanyak 230.351 keluarga atau 2,3% dari total KPM. Pada 2018 jumlahnya 621.789 keluarga atau 6,21% dari total KPM.

Sementara itu, untuk menuju target graduasi 1 juta, Kemensos memperkuat peran pendamping PKH melalui peningkatan kapasitas dan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) PKH mulai dari pendamping PKH, koordinator kota dan koordinator kabupaten.

"Salah satu upaya kita untuk meningkatkan kemampuan SDM PKH adalah seperti kemarin kita memberangkatkan 10 SDM PKH ke Filipina," ucap Agus Gumiwang.

Disamping itu, Kemensos juga melakukan peningkatan kualitas modul Family Development Session (FDS) yang menjadi panduan bagi SDM PKH dalam memberikan bimbingan dan pendampingan KPM PKH.

Modul itu terdiri dari modul pendidikan dan pengasuhan anak, modul pengelolaan keuangan dan perencanaan usaha. Kemudian modul kesehatan dan gizi, serta modul perlindungan anak.

"PKH adalah backbone program nasional. Kini PKH semakin lama semakin berkembang maka FDS menjadi instrumen strategis untuk mendorong kemandirian KPM hingga suatu hari nanti tergraduasi dari PKH," terang dia.

Upaya berikutnya, lanjut Agus Gumiwang, melakukan kerja sama dengan Kementerian Perindustrian dalam rangka memberikan pelatihan kepada KPM PKH agar bisa berwirausaha seperti pemberian pelatihan pengelasan dan pengolahan kerajinan bambu serta makanan.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook