alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

191 PAUD di Tana Toraja Dapat Bantuan Rp2,6 Miliar

Joni Lembang
191 PAUD di Tana Toraja Dapat Bantuan Rp2,6 Miliar
Ilustrasi/SINDOnews

MAKALE - 191 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di kabupaten Tana Toraja mendapat Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) tahun 2019.

"Tahun ini, ada 191 lembaga PAUD yang mendapat bantuan BOP dari pemerintah pusat," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Tana Toraja, Anthon Toding saat rapat koordinasi pembinaan, pengendalian, dan pengawasan dana BOS dan BOP PAUD pada dinas pendidikan kabupaten Tana Toraja di gedung Tammuan Mali, Makale, Selasa (16/7/2019).

Anthon mengatakan, besarnya BOP yang diterima masing-masing lembaga PAUD tidak sama. Penyaluran dana BOP berdasarkan jumlah siswa yang ada di lembaga PAUD tersebut dengan rincian Rp600.000 per siswa per tahun.



Jumlah siswa lembaga PAUD yang menerima dana BOP tahun ini sebanyak 4.440 orang dengan total anggaran sekitar Rp2,6 miliar.

"Lembaga PAUD penerima dana BOP tahun ini sudah melalui verifikasi dan dianggap memenuhi semua persyaratan. Salah satunya, setiap lembaga PAUD mendapatkan dana BOP yakni minimal memiliki 12 siswa," katanya.

Menurut Anthon, dana BOP Paud diberikan untuk membantu penyediaan biaya operasional non personalia bagi satuan anak usia dini serta meringankan beban biaya pendidikan bagi orang tua dalam upaya mengikutsertakan anaknya pada lembaga PAUD.

Selain itu juga untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan Paud pada semua satuan Paud secara berkeadilan bertahap dan berkelanjutan dalam mencapai standar nasional.

"Kami berharap, para kepala lembaga PAUD agar dalam mempergunakan dana BOP Paud tidak keluar aturan yang telah ditentukan," kata Anthon.

Di tempat yang sama, Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae mengatakan, lembaga PAUD di Tana Toraja sebenarnya cukup banyak. Namun, hanya lembaga PAUD yang memenuhi syarat yang bisa mendapatkan dana BOP PAUD.

"Setelah dilakukan evaluasi, banyak lembaga PAUD yang belum memenuhi syarat. Lembaga PAUD yang siswanya di bawah 12 orang tidak bisa memdapatkan dana BOP," kata Nico.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook